Suhlatun, Siti Penerapan Strategi Permainan Tradisional Engklek pada bidang studi PJOK untuk meningkatkan motorik kasar di kelas IV SD Salsabila Al-Kautsar Jakarta Utara. Diploma atau S1 thesis, Tidak Dijelaskan.
|
Teks
S_PGMI_201240006_Cover.pdf Download (18kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_201240006_Lampiran depan.pdf Download (1MB) |
|
|
Teks
S_PGMI_201240006_Bab I.pdf Download (166kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_201240006_Bab II.pdf Download (208kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_201240006_Bab III.pdf Download (459kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_201240006_Bab IV.pdf Download (191kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_201240006_Bab V.pdf Download (8kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_201240006_Daftar Pustaka.pdf Download (240kB) |
Abstrak
Pendidikan jasmani adalah bagian integral dari sistem pendidikan untuk mengembangkan kesehatan, kebugaran, keterampilan motorik, stabilitas emosional, keterampilan sosial, dan penalaran moral melalui aktivitas fisik. Perkembangan motorik kasar, yang melibatkan gerakan otot besar seperti berjalan dan berlari, merupakan faktor kunci dalam keberhasilan pendidikan jasmani. Guru berperan penting dalam mengembangkan keterampilan melalui berbagai metode pengajaran, termasuk metode bermain yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan, kreativitas, dan keterampilan problem solving siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan strategi permainan tradisional engklek untuk meningkatkan motorik kasar pada mata pelajaran PJOK serta untuk mengetahui Faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat penerapan permainan tradisional engklek dalam meningkatkan motorik kasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Strategi permainan tradisonal engklek pada bidang studi PJOK untuk meningkatkan motorik kasar di kelas IV SD Salsabila Al-Kautsar Jakarta Utara dapat disimpulkan sudah berjalan dengan sangat baik. Terlihat ketika pada tahap perencanaan sebelum melakukan permainan guru mempersiapkan terlebih dahulu tema pada saat itu, guru juga menentukan kapan permainan tersebut akan dilaksanakan , mempersiapkan alat dan bahan untuk melakukan permainan, pada saat pelaksanaan guru menjelaskan terlebih dahulu tema dan menjelaskan aturan main permainan engklek, diakhir juga guru merefleksi dan meriview kegiatan permainan tradisional engklek. Pada saat indikator penilaian melompat dengan satu kaki, keseimbangan dan kelincahan anak mampu dan berkembang sangat baik. Selain perkembangan motorik kasar, aspek perkembangan lain seperti kognitif, sosial emosional, Bahasa juga perkembangan melalui permainan engklek, melalui permainan ini anak mampu memecahkan masalah, mengikuti aturan dan mengungkapkan rasa emosi dengan wajar seperti rasa senang, sedih dan membantu teman.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Informasi Tambahan: | Pembimbing I : Sabri Pembimbing II: Imas Mastoah |
| Kata Kunci (keywords): | Pendidikan jasmani, Permainan tradisional Engklek, Perkembangan motorik kasar |
| Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
| User Penyetor: | MM Tsulatsiah Andi |
| Tanggal Disetorkan: | 28 Jul 2025 06:40 |
| Perubahan Terakhir: | 28 Jul 2025 06:40 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17200 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
