Nur, Diana Azizah (2025) Pola Komunikasi Driver Ojek Online Maxim dengan Konsumen (Studi Deskriptif di Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
S_KPI_181510005_Cover.pdf Download (282kB) |
|
|
Teks
S_KPI_181510005_Lampiran Depan.pdf Download (511kB) |
|
|
Teks
S_KPI_181510005_Bab I.pdf Download (416kB) |
|
|
Teks
S_KPI_181510005_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (572kB) |
|
|
Teks
S_KPI_181510005_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (279kB) |
|
|
Teks
S_KPI_181510005_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (588kB) |
|
|
Teks
S_KPI_181510005_Bab V.pdf Download (244kB) |
|
|
Teks
S_KPI_181510005_Daftar Pustaka.pdf Download (269kB) |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan pesat layanan transportasi online di Indonesia, termasuk Maxim, yang memberikan kemudahan bagi pengguna namun juga menimbulkan tantangan dalam menjaga kualitas layanan, terutama aspek komunikasi antara pengemudi (driver) dan konsumen. Berbagai keluhan konsumen mengindikasikan komunikasi masih memerlukan perhatian serius. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengkaji pola komunikasi primer, sekunder, linear, dan sirkular yang terjadi antara driver ojek online Maxim dengan konsumen di Kota Serang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara semi-terstruktur dengan empat driver Maxim dan empat konsumen di Kota Serang, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Hubermen, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori Interaksi Simbolik digunakan sebagai landasan konseptual untuk memahami bagaimana makna dibangun melalui interaksi sosial dan penggunaan simbol dalam komunikasi antara driver dan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi antara driver dan konsumen Maxim melibatkan perpaduan dinamis dari berbagai pola komunikasi. Pola komunikasi primer (interaksi langsung dan tulisan, seperti chat sebelum perjalanan) dan sekunder (menggunakan aplikasi Maxim sebagai media perantara) berperan penting dalam pertukaran informasi awal. Pola komunikasi linear (komunikasi satu arah tanpa umpan balik langsung) terkadang terjadi, terutama jika konsumen pasif, namun dianggap kurang efektif. Sebaliknya, pola komunikasi sirkular (komunikasi dua arah dengan responsif dan interaktif) lebih dominan dan efektif dalam menciptakan kenyamanan bagi konsumen serta meningkatkan kualitas layanan. Pola komunikasi sirkular ini menghasilkan suasana yang lebih akrab, membangun kepercayaan, dan memperkaya pengalaman pelanggan. Implikasi temuan ini menekankan pentingnya keterampilan komunikasi interpersonal dan termediasi yang baik bagi driver Maxim, termasuk kesopanan, kemampuan beradaptasi, dan responsivitas melalui aplikasi. Teori interaksi simbolik relevan dalam menjelaskan bahwa komunikasi tidak hanya pertukaran informasi tetapi juga proses sosial pembangun makna dan hubungan melalui simbol. Untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen, disarankan agar driver meningkatkan keterampilan komunikasi dan perusahaan Maxim memberikan pelatihan komunikasi dasar.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Pola komunikasi, driver ojek online maxim, konsumen, komunikasi interpersonal, interaksi simbolik |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
| Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| User Penyetor: | S.S.I Fadhilah NH |
| Tanggal Disetorkan: | 22 Jul 2025 08:20 |
| Perubahan Terakhir: | 22 Jul 2025 08:20 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17180 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
