Komariyah, Kokom (2025) Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing dalam Mengurangi Perundungan pada Santri (Pondok Pesantren Manbaussalam Carenang Kab. Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
S_BKI_201520102_Cover.pdf Download (102kB) |
|
|
Teks
S_BKI_201520102_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
Teks
S_BKI_201520102_Bab I.pdf Download (139kB) |
|
|
Teks
S_BKI_201520102_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (223kB) |
|
|
Teks
S_BKI_201520102_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (242kB) |
|
|
Teks
S_BKI_201520102_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (246kB) |
|
|
Teks
S_BKI_201520102_Bab V.pdf Download (33kB) |
|
|
Teks
S_BKI_201520102_Daftar Pustaka.pdf Download (132kB) |
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang terjadi pada santri Pondok Pesantren Manbaussalam Carenang bahwa terdapat beberapa santri yang memiliki perilaku perundungan atau bullying yang sangat tinggi. Hal ini bisa dilihat dari santri yang memiliki perilaku perundungan (bullying) baik secara fisik, verbal, maupun relasional. Melalui bimbingan kelompok menggunakan teknik role playing diharapkan dapat mengurangi perilaku perundungan santri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah bimbingan kelompok dengan teknik role playing berpengaruh dalam mengurangi perundungan pada santri di Pondok Pesantren Manbaussalam Carenang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif jenis pre-eksperimental design dengan bentuk one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 51 santri tingkat MA Pondok Pesantren Manbaussalam Carenang dengan jumlah sampel sebanyak 10 orang santri yang memiliki tingkat bullying sangat tinggi, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling . Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket skala bullying yang disebarkan secara langsung kepada santri. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Paired Sampel T-Test dengan bantuan IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor dari rata-rata hasil pretest dan posttest pada tingkat bullying santri, skor pretest sebelum diberikan treatment bimbingan kelompok dengan teknik role playing yaitu 1071 dengan rata-rata 10,71. Setelah melakukan treatment skor posttest yaitu 765 dengan nilai rata-rata 76,5. Berdasarkan hasil uji hipotesis Paired Sampel T-Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) tingkat bullying sebesar 0.000 dimana nilai signifikan lebih kecil dari tingkat probabilitas yaitu 0.05, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Maka hal tersebut dapat diartikan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing berpengaruh dalam mengurangi perundungan pada santri Pondok Pesantren Manbaussalam Carenang.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Perundungan, bimbingan kelompok, role playing |
| Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren |
| Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
| User Penyetor: | S.S.I Fadhilah NH |
| Tanggal Disetorkan: | 07 Jul 2025 07:19 |
| Perubahan Terakhir: | 07 Jul 2025 07:19 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17106 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
