Prangesti, Diah Ayu (2025) Peran Pondok Pesantren Al-Markaz dalam Memberdayakan Santri Melalui Agroeduwisata Markaz Komobid di Desa Sambilawang Kecamatan Waringinkurung Kabupaten Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
S_PMI_201530070_Cover.pdf Download (106kB) |
|
|
Teks
S_PMI_201530070_Lampiran Depan.pdf Download (574kB) |
|
|
Teks
S_PMI_201530070_Bab I.pdf Download (307kB) |
|
|
Teks
S_PMI_201530070_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (591kB) |
|
|
Teks
S_PMI_201530070_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (749kB) |
|
|
Teks
S_PMI_201530070_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (280kB) |
|
|
Teks
S_PMI_201530070_Bab V.pdf Download (125kB) |
Abstrak
Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam yang memiliki peran dalam membentuk karakter dan keterampilan para santrinya sekaligus berkontribusi pada pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini berfokus pada pondok pesantren Al-Markaz yang telah mengintegrasikan agroeduwisata sebagai sarana untuk memberdayakan para santrinya yang di latar belakangi terjadinya permasalahan krisis sumber daya manusia dalam sektor pertanian dinyatakan oleh Pemerintah Indonesia, karena kurangnya minat sumber daya manusia untuk menjadi generasi petani muda. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik meneliti lebih mendalam untuk mendeskripsikan dan memahami proses pemberdayaan santri, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pondok pesantren Al-Markaz dalam menumbuhkan kewirausahaan, meningkatkan keterampilan pertanian dan mempromosikan praktik berkelanjutan melalui agroeduwisata, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa program agroeduwisata tidak hanya memberikan pelatihan pertanian secara praktis, tetapi juga menanamkan nilai-nilai kemandirian, tanggung jawab dan melibatkan masyarakat di kalangan santri. Selain itu berkolaborasi dengan pemangku kepentingan, termasuk petani lokal dan lembaga pendidikan untuk meningkatkan efektivitas program. Faktor faktor yang mendukung keberhasilan meliputi keterlibatan masyarakat, santri, sumber daya yang memadai dan komitmen terhadap praktik-praktik yang berkelanjutan. Namun, terdapat tantangan dan hambatan seperti variabilitas iklim dan terbatasnya upaya promosi di identifikasi sebagai hambatan terhadap pertumbuhan program. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pondok pesantren Al Markaz berfungsi sebagai mode untuk mengintegrasikan pendidikan, pemberdayaan dan pertanian berkelanjutan yang memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan sosial ekonomi di wilayah tersebut.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Peran, pemberdayaan santri, agroeduwisata |
| Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren |
| Divisi: | Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam |
| User Penyetor: | S.S.I FN H |
| Tanggal Disetorkan: | 04 Jul 2025 03:11 |
| Perubahan Terakhir: | 04 Jul 2025 03:11 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17094 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
