Nurulfitri, Nabilah (2025) Pengembangan Media Konseling Berbasis Platform Digital sebagai Reading Therapy dalam Penerimaan Diri. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
S_BKI_211340076_Cover.pdf Download (279kB) |
|
|
Teks
S_BKI_211340076_Lampiran Depan.pdf Download (594kB) |
|
|
Teks
S_BKI_211340076_Bab I.pdf Download (202kB) |
|
|
Teks
S_BKI_211340076_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (424kB) |
|
|
Teks
S_BKI_211340076_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (308kB) |
|
|
Teks
S_BKI_211340076_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (621kB) |
|
|
Teks
S_BKI_211340076_Bab V.pdf Download (95kB) |
|
|
Teks
S_BKI_211340076_Daftar Pustaka.pdf Download (195kB) |
Abstrak
Media konseling berbasis platform sebagai reading therapy merupakan media pengembangan untuk penerimaan diri berbasis digital berbetuk platform yang mudah diakses dan dapat digunakan semua kalangan termasuk generasi Z yang dapat digunakan kapan pun dan dimana pun dengan praktis. Dalam penelitian ini, saya mengembangkan media konseling berbasis platform sebagai reading therapy untuk penerimaan diri, sebagai cara untuk memberikan informasi dan sarana penerimaan diri kepada semua kalangan termasuk generasi Z. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk mengetahui pengembangan media konseling berbasis platform sebagai reading therapy untuk penerimaan diri, dan (2) untuk mengetahui kelayakan media konseling berbasis platform sebagai reading therapy dalam penerimaan diri berdasarkan validasi oleh ahli materi, media dan komunikasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Metode penelitian yang digunakan adalah model Borg & Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono menjadi penelitian dan pengembangan level 1, yang terdiri dari lima tahap yakni potensi dan masalah, studi literatur dan pengumpulan informasi, desain produk, validasi produk, dan produk teruji. Pada tahap validasi produk, Platfrom Reading Therapy untuk penerimaan diri dinilai kelayakannya oleh ahli materi, ahli media dan ahli komunikasi. Pada penelitian dan pengembangan ini data dikumpulkan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian dan pengembangan ini memperoleh hasil validasi ahli materi 1 diperoleh skor rata-rata 4,9 yang termasuk dalam kategori sangat layak, validasi ahli materi 2 diperoleh skor rata-rata 4,5 yang termasuk dalam kategori sangat layak, validasi ahli materi 3 diperoleh skor rata-rata 4,5 yang termasuk dalam kategori sangat layak, validasi ahli media 1 diperoleh skor rata-rata 5 yang termasuk dalam kategori sangat baik, validasi ahli media 2 diperoleh skor rata-rata 4,5 yang termasuk dalam kategori sangat baik, validasi ahli komunikasi 1 diperoleh skor rata-rata 4,4 yang termasuk dalam kategori sangat layak dan validasi ahli komunikasi 2 diperoleh skor rata-rata 4,0 yang termasuk dalam kategori layak. Simpulan hasil penelitian ini adalah : (1) secara keseluruhan penelitian media konseling berbasis platform digital sebagai reading therapy dalam penerimaan diri. Berdasarkan validasi ahli materi, ahli media, dan ahli komunikasi memperoleh skor 4,5 dengan katogori sangat layak dan tidak revisi, dan (2) media konseling berbasis platform digital sebagai reading therapy ini layak digunakan sebagai media penerimaan diri. Disarankan kepada semua kalangan termasuk generasi Z untuk menggunakan platform digital reading therapy sebagai aktualisasi untuk bisa membantu dalam penerimaan diri.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Media konseling, platform reading therapy, penerimaan diri |
| Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi > 158.3 Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara |
| Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
| User Penyetor: | S.S.I FN H |
| Tanggal Disetorkan: | 04 Jul 2025 02:18 |
| Perubahan Terakhir: | 04 Jul 2025 02:18 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17091 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
