Pemberdayaan Karang Taruna melalui Pelatihan Hardskill di Kecamatan Tirtayasa Kabupaten Serang Banten

Rayhan, Muhammad (2025) Pemberdayaan Karang Taruna melalui Pelatihan Hardskill di Kecamatan Tirtayasa Kabupaten Serang Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PMI_201530042_Cover.pdf

Download (29kB)
[img] Teks
S_PMI_201530042_Lampiran Depan.pdf

Download (675kB)
[img] Teks
S_PMI_201530042_BAB I.pdf

Download (466kB)
[img] Teks
S_PMI_201530042_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (325kB)
[img] Teks
S_PMI_201530042_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (347kB)
[img] Teks
S_PMI_201530042_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (310kB)
[img] Teks
S_PMI_201530042_BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Teks
S_PMI_201530042_Daftar Pustaka.pdf

Download (122kB)

Abstrak

Karang Taruna menjadi kelompok yang berperan penting dalam dinamika sosial dan ekonomi suatu masyarakat yang dapat mempengaruhi kualitas hidup mereka. Program intervensi yang fokus pada peningkatan keterampilan menjadi suatu kebutuhan yang mendesak dan perlu adanya pemberdayaan. Pemberdayaan ini memiliki tujuan yaitu untuk melakukan pelatihan pembuatan produk dari percetakan, melakukan pelatihan desain grafis dan melakukan pelatihan strategi pemasaran pada para pemuda karang taruna tirtayasa di Kecamatn Tirtayasa, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Participatory Learning and Action (PLA). Dalam metode ini, fasilitator akan membicarakan, mensosialisasikan, dan memberikan masukan kepada pihak pihak yang terlibat. Langkah-langkah dalam melakukan pemberdayaan meliputi tujuh tahapan diantaranya, tahapan persiapan, pengkajian, alternatif suatu program atau kegiatan, pemformulasian rencana aksi, implementasi program atau kegiatan, evaluasi dan terminasi. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan yaitu adanya kegiatan pembuatan produk dari percetaka, pelatihan desain grafis, pelatihan strategi pemasaran dapat menjembatani para pemuda karang taruna tirtayasa. Pemberdayaan yang dilakaukan pada pemuda karang taruna tirtayasa berlangsung selama 2 bulan. Hasil penelitian ini sendiri yaitu : 1) Para pemuda karang taruna Tirtayasa mampu membuat produk dari percetakan, 2) Para pemuda karang taruna Tirtayasa mampu di bidang desain secara mumpuni, 3) Para pemuda karang taruna mampu memasarkan produk melalui strategi pemasaran.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Karang taruna, Pemberdayaan, Keterampilan
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 305 Kelompok-kelompok Sosial
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 10 Jun 2025 08:56
Perubahan Terakhir: 10 Jun 2025 08:56
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16966

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.