Munada, Tb Ahmad (2024) Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui Bina Pribadi Islami dalam Pencegahan Perilaku Bullying Siswa SMPIT dan SMAIT Insan Cita Serang. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
T_PAI_222621112_Cover.pdf Download (121kB) |
|
|
Teks
T_PAI_222621112_Lampiran Depan.pdf Download (777kB) |
|
|
Teks
T_PAI_222621112_Bab I.pdf Download (439kB) |
|
|
Teks
T_PAI_222621112_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (820kB) |
|
|
Teks
T_PAI_222621112_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (379kB) |
|
|
Teks
T_PAI_222621112_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (583kB) |
|
|
Teks
T_PAI_222621112_Bab V.pdf Download (213kB) |
|
|
Teks
T_PAI_222621112_Daftar Pustaka.pdf Download (256kB) |
Abstrak
Internalisasi nilai-nilai agama Islam adalah suatu proses memasukan nilai nilai agama secara penuh ke dalam hati, sehingga ruh dan jiwa bergerak berdasarkan ajaran agama Islam. Salah satu cara yang dapat digunakan dalam pelaksanaan internalisasi nilai-nilai agama Islam yaitu melalui program Bina Pribadi Islami, karena melalui kegiatan ini siswa dapat mengaplikasikan nilai- nilai agama Islam yang telah ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program Bina Pribadi Islami (BPI) dalam menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan agama Islam dan dampaknya terhadap pencegahan perilaku bullying di SMPIT dan SMAIT Insan Cita Serang. Berdasarkan rumusan masalah, penelitian ini mengkaji bagaimana implementasi program BPI, nilai-nilai agama Islam yang diinternalisasi, implikasi program terhadap bullying, serta faktor pendukung dan penghambat yang memengaruhi perilaku bullying siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan wawancara dan observasi terhadap kepala sekolah, pembina Bina Pribadi Islami, guru Pendidikan Agama Islam, guru Bimbingan Konseling, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program BPI efektif dalam menginternalisasikan nilai-nilai Islam, seperti kejujuran, empati, kasih sayang, dan tanggung jawab, yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari siswa. Dampak positifnya terlihat pada penurunan signifikan kasus bullying, dengan suasana sekolah yang lebih harmonis dan saling menghormati. Faktor pendukung seperti komitmen sekolah dan kerjasama dengan orang tua memperkuat implementasi, sementara keterbatasan sarana dan prasarana menjadi hambatan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa program Bina Pribadi Islami berperan penting dalam pencegahan bullying dan pembentukan karakter positif siswa. Program ini perlu diperkuat dan dilanjutkan agar dampaknya lebih optimal dalam menciptakan lingkungan yang kondusif di sekolah
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Program bina pribadi islami, pendidikan agama Islam, bullying |
| Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi > 158.3 Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara |
| Divisi: | Magister > PAI |
| User Penyetor: | S.S.I FN H |
| Tanggal Disetorkan: | 10 Jun 2025 07:19 |
| Perubahan Terakhir: | 10 Jun 2025 07:19 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16963 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
