Pengaruh Kegiatan Bermain Bisik Berantai Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun (Quasi Eksperimen di TK Arruhaniyah)

SP, Nurmaulida Diva (2024) Pengaruh Kegiatan Bermain Bisik Berantai Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun (Quasi Eksperimen di TK Arruhaniyah). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PIAUD_201260009_COVER.pdf

Download (136kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260009_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (412kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260009_BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260009_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (445kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260009_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (433kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260009_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (552kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260009_BAB V.pdf

Download (148kB)
[img] Teks
S_PIAUD_201260009_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (882kB)

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat anak terhadap pembelajaran dikelas karena pembelajaran dilakukan sama setiap hari, sedikit ketertarikan dari anak-anak untuk melakukan pembelajaran dikelas hal tersebut membuat anak kesulitan berkembang perkembangan bahasanya dan banyak juga dari anak-anak tersebut yang belum berkembang bahasanya sesuai dengan usia mereka. Tujuan Penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui perkembangan bahasa anak melalui permainan bisik berantai.mperoleh pengaruh kegiatan bermain bisik berantai terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun. 2) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh permainan bisik berantai terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Arruhaniyah Pandeglang-Banten. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah TK Arruhaniyah yang terakreditasi B di Pandeglang-Banten. Sampel pada penelitian ini yaitu anak-anak TK Arruhaniyah yang berusia 5-6 tahun yaitu kelas b1 dan b2 yang terdiri dari 18 anak kelas b1 kelas eksperimen dan 18 anak kelas b2 kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun Pre-test kelas eksperimen medapatkan nilai rata-rata 65,5 dan kelas kontroleh memperoleh 55,83. Sedangkan nilai Post-test 93, 5 dan kelas kontrol memeperoleh 72,5. berdasarkan hasil perhitungan SPPS versi 23, uji hipotesis Non-Parametrik dengan uji Man Whitney diperoleh Zhitung sebesar sebesar-3.201 dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05 maka berdasarkan kriteria uji dapat simpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti terdapat pengaruh permainan kucing-kucingan terhadap perkembangan motorik kasar anak. Hal ini juga dibuktikan hasil perhitungan uji N-Gain Score menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain score untuk kelas eksperimen adalah sebesar 79.92, atau 79% termasuk dalam kategori cukup berpengaruh.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): bisik berantai, perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 03 Jun 2025 07:52
Perubahan Terakhir: 03 Jun 2025 07:52
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16937

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.