Strategi Komunikasi Pemasaran Zam-zam Mart dalam Menarik Minat Beli Konsumen Muslim di Balaraja (Studi Deskriptif Strategi Komunikasi Pemasaran Zam-zam Mart Balaraja)

Fadillah, Muhamad Hafiizh (2025) Strategi Komunikasi Pemasaran Zam-zam Mart dalam Menarik Minat Beli Konsumen Muslim di Balaraja (Studi Deskriptif Strategi Komunikasi Pemasaran Zam-zam Mart Balaraja). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_201510045_Cover.pdf

Download (511kB)
[img] Teks
S_KPI_201510045_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_KPI_201510045_Bab I.pdf

Download (621kB)
[img] Teks
S_KPI_201510045_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (625kB)
[img] Teks
S_KPI_201510045_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (488kB)
[img] Teks
S_KPI_201510045_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_KPI_201510045_Bab V.pdf

Download (453kB)
[img] Teks
S_KPI_201510045_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Dunia bisnis saat ini mulai berkembang pesat dalam berbagai jenisnya, mulai dari bisnis jasa hingga produk dengan berbagai jenisnya sendiri. Salah satu bisnis yang mengalami perkembangan yang signifikan adalah bisnis oleh-oleh haji dan umrah. Hari Raya Idul Adha, atau Lebaran Haji, mungkin waktu yang tepat untuk memulai bisnis. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi produk, harga, tempat, dan promosi komunikasi pemasaran Terpadu (IMC) yang digunakan Zam-Zam Mart untuk menarik minat beli konsumen muslim? 2) Apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam bisnis oleh-oleh haji dan umrah Zam-Zam Mart Balaraja? Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi sosial. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah; observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 9 November 2024 hingga 28 Desember 2024. Yang mana peneliti mewawancarai 2 orang narasumber yang terdiri dari owner dan salah satu pegawai. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan: 1) Strategi Produk, yaitu dengan menerapkan strategi produk yang berorientasi pada kebutuhan dan preferensi masyarakat lokal yang memiliki keterkaitan kuat dengan budaya Timur tengah. 2) Strategi Harga, yaitu dengan menerapkan strategi harga kompetitif yang tidak berorientasi pada harga murah, melainkan pada keseimbangan antara harga, kualitas produk, dan pelayanan. 3) Strategi Tempat, yaitu dilatarbelakangi oleh faktor personal dan strategis. 4) Strategi Promosi, yaitu memiliki strategi promosi yang unik dengan fokus pada inovasi produk, penawaran produk baru, dan pengelolaan stok yang efisien. Faktor pendukung dari strategi komunikasi pemasaran Zam-Zam Mart adalah 1) Pengelolaan Keuangan (Cash Flow) yang Terencana, 2) Melakukan Rebranding Produk/Pengemasan Ulang Produk Untuk Menarik Minat Konsumen, 3) Komitmen terhadap Konsumen, 4), Invertasi Sosial sedangkan Faktor penghambat dari strategi komunikasi pemasaran Zam-Zam Mart adalah 1) Kurangnya Manajeman Toko, 2) Minimnya Kualitas Platihan Untuk Pegawai Baru, 3) Belum Maksimalnya Pemanfaatan Distribusi Barang Online Melalui Platfom E-Commerce.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi, komunikasi pemasaran, integrated marketing communication, produk, harga, tempat, promosi
Subjek: 600 Teknologi > 650 Bisnis > 658 Umum manajemen > 658.8 Marketing > 658.81 Manajemen Pemasaran
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.S.I FN H
Tanggal Disetorkan: 03 Jun 2025 06:59
Perubahan Terakhir: 03 Jun 2025 06:59
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16932

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.