Analisis Perilaku Konsumtif Buying pada Penggemar K-Pop (Implikasi terhadap Bimbingan dan Konseling)

Rahma, Intan Elisa (2025) Analisis Perilaku Konsumtif Buying pada Penggemar K-Pop (Implikasi terhadap Bimbingan dan Konseling). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_201520118_Cover.pdf

Download (530kB)
[img] Teks
S_BKI_201520118_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_BKI_201520118_BAB I.pdf

Download (430kB)
[img] Teks
S_BKI_201520118_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (678kB)
[img] Teks
S_BKI_201520118_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (484kB)
[img] Teks
S_BKI_201520118_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (569kB)
[img] Teks
S_BKI_201520118_BAB V.pdf

Download (256kB)
[img] Teks
S_BKI_201520118_Daftar Pustaka.pdf

Download (926kB)

Abstrak

Perilaku konsumtif adalah perilaku membeli barang hanya demi kesenangan semata tanpa mempertimbangkan kebutuhan sebenarnya. Perilaku yang menarik dan sering ditemui kepada para fans k-pop adalah mengoleksi berbagai hal yang berkaitan dengan idola. Pengaruh idola k pop tersebut cukup besar kepada para penggemar dalam hal pembelian suatu produk. Pembelian produk seperti merchandise official maupun non official seperti album, photocard, lightstick, handbannder foto idola, tiket konser, dan printilan-printilan seperti gantungan, cardholder, dan sebagainya. Penelitian ini melihat bagaimana gambaran tingkat perilaku konsumtif buying pada penggemar k-pop, bagaimana gambaran tingkat perilaku konsumtif buying pada penggemar k-pop ditinjau dari aspek perindikator dan usia, dan bagaimana implikasi layanan bimbingan dan konseling untuk mengurangi perilaku konsumtif buying penggemar k pop. Metodologi penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif. Sampel pada penelitian ini yaitu remaja penggemar k-pop pengguna aplikasi X dengan rentan usia 15-24 tahun. Konsumtif disusun berdasarkan 3 aspek konsumtif yaitu impulsive, non-rational dan wasteful. Pengumpulan sampelnya menggunakan purposive sampling dengan rumus Lemeshow karena jumlah populasi tidak diketahui. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner yang disebarkan melalui google form. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat perilaku konsumtif pada remaja penggemar k-pop di aplikasi X tergolong pada kategori sedang dengan nilai persentase 55,2%. Sehingga dapat diuraikan sebanyak 4 responden dengan persentase 4,1% mengalami perilaku konsumtif pada kategori sangat tinggi dan sebanyak 39 responden dengan persentase 40,6% mengalami perilaku konsumtif pada kategori tinggi. Mayoritas remaja penggemar K-Pop pengguna aplikasi X mengalami konsumtif dilihat dari hasil penelitian kategorisasi sedang dan tinggi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Konsumtif, Penggemar K-pop, Remaja
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi > 158.3 Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 21 Mei 2025 04:07
Perubahan Terakhir: 21 Mei 2025 04:07
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16851

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.