Ibrahim, Firdaus Malik (2021) تطوير كتاب العوامل الجرجاني في تدريس القواعد النحوية (بحث تطويري بمعهد دار الفلاح الإسلامي السلفي جيلوانج سيرانج بنتن). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PBA_161220002_Cover.pdf Download (396kB) |
|
|
Teks
S_PBA_161220002_Lampiran Depan.pdf Download (113kB) |
|
|
Teks
S_PBA_161220002_BAB I.pdf Download (248kB) |
|
|
Teks
S_PBA_161220002_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (329kB) |
|
|
Teks
S_PBA_161220002_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (221kB) |
|
|
Teks
S_PBA_161220002_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (782kB) |
|
|
Teks
S_PBA_161220002_BAB V.pdf Download (113kB) |
|
|
Teks
S_PBA_161220002_Daftar Pustaka.pdf Download (119kB) |
Abstrak
Latar belakang penelitian dalam penelitian ini adalah materi pendidikan yang terbatas. Brosur pelatihan bekerja untuk siswa dalam mempelajari tata bahasa, karena materi pendidikannya tidak memadai. Oleh karena itu, peneliti memaparkan perkembangan buku faktor Jurjani dalam pengajaran aturan tata bahasa. Karena kurangnya materi pendidikan dalam pengajaran tata bahasa. Buku ini membantu siswa belajar tata bahasa. Pertanyaan penelitian adalah 1) Bagaimana mengembangkan faktor buku Institut Jurjani Dar Al-Falah Salafi Islam Ciloang Serang Benten (2) Apakah buku ini tepat dalam mengajarkan tata bahasa yang mereka miliki?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan faktor buku Jurjani dalam mengajarkan aturan tata bahasa kepada siswa dan untuk mengetahui bahwa buku tersebut layak dalam mempelajari tata bahasanya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan, dan menggunakan model prosedural "Borg & Gall". Langkah-langkah model ini adalah: analisis kebutuhan dan masalah, pengumpulan data, desain produksi, sertifikasi produksi, optimalisasi produksi, eksperimen produksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan buku faktor Jurjani dalam belajar mengajarkan tata bahasa, dan dapat dilihat dari hasil pre-test dengan nilai rata-rata 67,4% dan hasil post-test dengan nilai rata-rata 89% Terdapat perbedaan besar pada tingkat kemampuan siswa di Institut Salafi Islam Dar Al-Falah Glowang Serang Benten dalam belajar tata bahasa. Sehingga data tersebut menunjukkan bahwa buku ini layak digunakan dalam proses pembelajaran tata bahasa.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
| User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
| Tanggal Disetorkan: | 19 Mei 2025 08:22 |
| Perubahan Terakhir: | 19 Mei 2025 08:22 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16829 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
