As Lamiyah, Rifa Robiyatul (2024) Analisis Framing Pemberitaan Pemboikotan Produk yang Terafiliasi dengan Israel pada Media Online CNN Indonesia dan Republika.Id. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_KPI_201510035_Cover.pdf Download (32kB) |
|
|
Teks
S_KPI_201510035_Lampiran Depan.pdf Download (602kB) |
|
|
Teks
S_KPI_201510035_Bab I.pdf Download (257kB) |
|
|
Teks
S_KPI_201510035_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (249kB) |
|
|
Teks
S_KPI_201510035_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (155kB) |
|
|
Teks
S_KPI_201510035_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (619kB) |
|
|
Teks
S_KPI_201510035_Bab V.pdf Download (16kB) |
|
|
Teks
S_KPI_201510035_Daftar Pustaka.pdf Download (166kB) |
Abstrak
Sejak 2 November 1917, konflik Israel-Palestina telah berlangsung selama lebih dari 100 tahun. Konflik ini menyebabkan sejumlah serangan militer Israel ke Gaza, yang menewaskan banyak orang dan merusak harta benda. Konsumen di seluruh dunia telah mengikuti seruan untuk memboikot barang dan merek yang terafiliasi dengan Israel sebagai tanggapan terhadap krisis kemanusiaan di Gaza. Berbagai jenis laporan, termasuk dokumenter, artikel, forum diskusi media, dan sumber lainnya, telah diterbitkan untuk meningkatkan pemahaman terhadap konflik tersebut. Laporan tentang konflik ini telah dipublikasikan oleh platform berita media online seperti CNN Indonesia dan Republika.Id, yang secara pasti memberikan narasi berita dengan pendekatan dan tujuan yang berbeda. Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain: 1) Bagaimanakah framing pemberitaan media online CNN Indonesia dan Republika.Id terhadap pemboikotan produk yang terafiliasi Israel?, 2) Bagaimanakah bentuk penulisan akurasi dalam berita mengenai pemboikotan produk yang terafiliasi Israel pada media online CNN Indonesia dan Republika.Id?. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui bagaimana framing pemberitaan media online CNN Indonesia dan Republika.Id terhadap pemboikotan produk yang terafiliasi Israel, 2) Untuk mengetahui bagaimana bentuk penulisan akurasi dalam berita mengenai pemboikotan produk yang terafiliasi Israel pada media online CNN Indonesia dan Republika.Id. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi kepustakaan dan studi dokumen. Studi kepustakaan yang bersumber dari laman berita CNN Indonesia dan Republika.Id yang dipublikasikan selama 30 hari, sejak tanggal 1 April hingga 1 Mei 2024. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis framing Robert N. Entman. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan: 1) Studi menunjukkan bahwa CNN Indonesia dan Republika.Id berbeda dalam membingkai masalah tersebut. CNN Indonesia lebih terfokus pada perspektif dominan, yang artinya media online CNN Indonesia menyampaikan berita yang bertujuan mengajak pembaca untuk memboikot produk yang terafiliasi dengan Israel, sedangkan dalam media online Republika.Id memberikan perspektif dari kedua belah pihak, artinya lebih mempersilahkan pembaca untuk menilai atau mempertimbangkan terkait pemberitaan mengenai isu pemboikotan produk yang terafiliasi dengan Israel dan memberi pembaca lebih banyak informasi untuk membuat keputusan mengenai pemberitaan tersebut. 2) Pada media online CNN Indonesia berita yang disampaikan sudah disertai 5W + 1H dan juga disertai kutipan langsung dari sumber aslinya sehingga membantu pembaca untuk memastikan keabsahan berita tersebut. Sumber informasi yang dimuat oleh CNN Indonesia juga menggunakan sumber yang akurat dan terpercaya sehingga bisa dipastikan tidak ada pembaca yang termakan oleh hoax pada isi berita tersebut. Serta isi yang terdapat didalam berita yang dipublikasi oleh CNN Indonesia dan Republika.Id sangat tepat dengan fakta yang terjadi.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Media online, pemberitaan, analisis framing, Robert N. Entman |
| Subjek: | 000 Karya Umum > 070 Berita media, jurnalisme & penerbitan > 071 Jurnalisme dan Surat Kabar di Indonesia 100 Filsafat & Psikologi > 110 Metafisika > 111 Ontologi > 111.6 Terbatas dan Tak Terbatas > 000 Karya Umum > 070 Berita media, jurnalisme & penerbitan > 071 Jurnalisme dan Surat Kabar di Indonesia |
| Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| User Penyetor: | S.S.I FN H |
| Tanggal Disetorkan: | 19 Mei 2025 03:41 |
| Perubahan Terakhir: | 19 Mei 2025 03:41 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16825 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
