Raudoh, Siti (2025) محالة تحسين نتائج تعلم مهارة القراءة للتلاميذ بتطبيق نموذج التعلم RADEC في الصف السابع بالمدرسة الهادي المتوسطة الإسلامية بنتن. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PBA_201220018_Cover.pdf Download (316kB) |
|
|
Teks
S_PBA_201220018_Lampiran Depan.pdf Download (471kB) |
|
|
Teks
S_PBA_201220018_BAB I.pdf Download (374kB) |
|
|
Teks
S_PBA_201220018_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (737kB) |
|
|
Teks
S_PBA_201220018_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (771kB) |
|
|
Teks
S_PBA_201220018_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (954kB) |
|
|
Teks
S_PBA_201220018_BAB V.pdf Download (331kB) |
|
|
Teks
S_PBA_201220018_Daftar Pustaka.pdf Download (226kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar keterampilan membaca siswa melalui model RADEC yang meliputi Read, Answer, Discuss, Explain, dan Create. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab dan hasil belajar yang belum optimal. Model RADEC dipilih karena mendorong keterlibatan aktif, berpikir kritis, kolaborasi, dan kreativitas. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan campuran (mixed method). Subjek penelitian adalah 21 siswa kelas 7B SMPIT Al Hadi Banten. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan dua pertemuan pada siklus pertama dan satu pertemuan pada siklus kedua. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes, serta dianalisis menggunakan rata-rata skor dan persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar. Pada pra-siklus, rata-rata skor siswa 60 dengan ketuntasan 14,3%. Siklus pertama meningkat menjadi 74,6 dengan ketuntasan 66,6%, dan siklus kedua menjadi 79,3 dengan ketuntasan 85,7%. Keterlibatan siswa juga meningkat berdasarkan hasil observasi. Dengan demikian, penerapan model RADEC efektif meningkatkan hasil belajar keterampilan membaca siswa kelas 7B SMPIT Al Hadi Banten.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Hasil belajar, keterampilan membaca, RADEC |
| Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
| User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
| Tanggal Disetorkan: | 08 Mei 2025 03:29 |
| Perubahan Terakhir: | 08 Mei 2025 03:29 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16782 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
