Model Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Sistem Informasi Manajemen dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di MTs Malnu Pusat, MTs Nurul Amal, MTs Al Ishlah Menes Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten)

Mulyadi, Rasad (2023) Model Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Sistem Informasi Manajemen dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di MTs Malnu Pusat, MTs Nurul Amal, MTs Al Ishlah Menes Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_MPI_212625016_Cover.pdf

Download (12kB)
[img] Teks
T_MPI_212625016_Lampiran Depan.pdf

Download (630kB)
[img] Teks
T_MPI_212625016_Bab I.pdf

Download (219kB)
[img] Teks
T_MPI_212625016_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (584kB)
[img] Teks
T_MPI_212625016_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (114kB)
[img] Teks
T_MPI_212625016_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (289kB)
[img] Teks
T_MPI_212625016_Bab V.pdf

Download (91kB)
[img] Teks
T_MPI_212625016_Daftar Pustaka.pdf

Download (762kB)

Abstrak

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dari informasi, tempat dan aktivitas kegiatan kepemimpinan kepala sekolah, serta dokumen. Teknik pengambilan data berupa wawancara mendalam, observasi langsung, angket dan mencatat dokumen. Uji validitas data dilakukan dengan menerapkan trianggulasi sumber, trianggulasi metode. Teknik analisis data berupa teknik analisis reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian berupa pokok-pokok temuan yaitu: 1) Peningkatan mutu pembelajaran di MTs Malnu Pusat, MTs Nurul Amal dan MTs Al-Ishlah Menes ditentukan bagaimana kepala sekolah dapat mengelola manajemen sekolah serta kemampuan dalam menetapkan Visi, Misi, Tujuan Pendidikan MTs Malnu Pusat, MTs Nurul Amal dan MTs Al-Ishlah Menes, Strategi, dan Sasaran tepat sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah. 2) Dalam penerapan manajemen sistem informasi, MTs Malnu Pusat menes sudah menerapkan dan memanfaatkan teknologi sebagai pengelolaan manajemen madrasah, contohnya pengelolaan keuangan, dan system administrasi madrasah yang sudah menanfaatkan teknologi. Sedangkan untuk MTs Nurul Amal dan MTs Al-Ishlah masih menggunakan system manual dalam pengelolaan manajemen madrasah, seperti pengeloaan keuangan dan administrasi semuanya masih dikerjakan secara konvensional. 3) Secara keseluruhan penerapan model kepemimpinan kepala madrasah di MTs Malnu Pusat, MTs Nurul Amal dan MTs Al-Ishlah Menes dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai Educator (Pendidik), sebagai Manajer, sebagai Administrator.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Model kepemimpinan kepala madrasah, sistem informasi manajemen, mutu pendidikan
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan
Divisi: Magister > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.S.I FN H
Tanggal Disetorkan: 07 Mei 2025 01:55
Perubahan Terakhir: 07 Mei 2025 01:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16765

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.