Susinta, Susinta (2025) أثر استخدام نموذج التعلم لتحسين نتائج تعلمCORE (Connecting, Organizing, Reflecting and Extending) الطلاب في اللغة العربية (بحث تجريبي في الصف الحادي عشر للمرحلة الثانوية بمدرسة الهداية الإسلامية شيومس). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PBA_201220013_Cover.pdf Download (373kB) |
|
|
Teks
S_PBA_201220013_Lampiran Depan.pdf Download (2MB) |
|
|
Teks
S_PBA_201220013_BAB I.pdf Download (471kB) |
|
|
Teks
S_PBA_201220013_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (611kB) |
|
|
Teks
S_PBA_201220013_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (513kB) |
|
|
Teks
S_PBA_201220013_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (667kB) |
|
|
Teks
S_PBA_201220013_BAB V.pdf Download (298kB) |
|
|
Teks
S_PBA_201220013_Daftar Pustaka.pdf Download (434kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Pengaruh penggunaaan model CORE ( connecting, organizing, reflecting, extending) terhadap hasil belajar pembelajaran bahasa arab kelas di madrasah Aliyah al hidayah ciomas serang. Penelitian ini memggunakan metode quasy experimental dengan desain nonequivalent control desaign, desain ini dipihih karena peneliti menggunakan dua kelas dalam penelitiannya yaitu kelas eksperimen dan kelas control. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas 11 yang berjumlah 46 siswa. Teknik pengambilan sample yang dgunakan peneliti adalah teknik total sampling adalah teknik pengambilan sample dimana seluruh anggota populasi dijadikan sample seluruhnya. Alasan memilih teknik ini karena jumlah populasi kurang dari 100. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, , pre-tes dan post-test. Adapun untuk mengetahui hasil belajar siswa pneliti melakukan dua tes yaitu pretest dan posttest. Data pretest eksperimen Memperoleh nilai rata rata sebesar 53.75, sedangkan hasil postes kelas t eksperimen Memperoleh nilai rata-rata sebesar 72.29. rata –rata Pretest dan posttest kelas ekperimen memperoleh peningkatan sebesar 18,54 poin. yang berarti model core dapat membantu meningkatkan hasil belajar Teknik analissi penelitian ini menggunakan spss versi 29, adapun untuk uji hipotesisnya menggunakan dua uji yaitu Uji Paired sampel t-Test dan Uji Independen Sample Test. hasil uji paired samples test pada kelas control didapatkan nilai sig (2 tailed) 0,008 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh, dan hasil pada kelas eksperimen 0,001 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh lebih signifikan dari kelas kontrol. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Dengan derajat kebebasan (df) sebesar 44, perbedaan rata-rata (mean difference) sebesar 14,792, dan nilai t-hitung sebesar 5,779, diperoleh nilai p-value sebesar 0,001 (sig. 2-tailed). Hal ini berarti terdapat pengaruh model pembelajaran CORE terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa arab di kelas XI MA Al-Hidayah.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Model pembelajaran, CORE, hasil belajar |
| Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
| User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
| Tanggal Disetorkan: | 07 Mei 2025 02:46 |
| Perubahan Terakhir: | 07 Mei 2025 02:46 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16755 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
