Rifai, Muhammad (2024) Manajemen Pesantren dalam Penguatan Moderasi Beragama di Pondok Pesantren Daar El-Hikmah Menes Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_MPI_201250038_Cover.pdf Download (462kB) |
|
|
Teks
S_MPI_201250038_ Lampiran Depan.pdf Download (2MB) |
|
|
Teks
S_MPI_201250038_Bab I.pdf Download (438kB) |
|
|
Teks
S_MPI_201250038_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (966kB) |
|
|
Teks
S_MPI_201250038_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (414kB) |
|
|
Teks
S_MPI_201250038_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (520kB) |
|
|
Teks
S_MPI_201250038_Bab V.pdf Download (273kB) |
|
|
Teks
S_MPI_201250038_Daftar Pustaka.pdf Download (404kB) |
Abstrak
Radikalisme dan kekerasan yang mengatasnamakan agama telah masuk dalam berbagai sektor kehidupan, termasuk dalam ranah pendidikan. Untuk itulah pesantren sebagai pusat pendidikan Islam harus mengambil peran dalam upaya pengarusutamaan ide-ide dan sikap moderat dalam beragama yang sesuai dengan nilai luhur Islam yang rahmatan lil 'alamiin. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Perencanaan penguatan moderasi beragama bagi santri di Pondok Pesantren Daar El-Hikmah Menes. 2) Pelaksanaan penguatan moderasi beragama bagi santri di Pondok Pesantren Daar El-Hikmah Menes. 3) Evaluasi penguatan moderasi beragama bagi santri di Pondok Pesantren Daar El-Hikmah Menes. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data-data yang bersifat deskriptif dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Lokasi penelitian bertempat di Pondok Pesantren Daar El-Hikmah Menes. Sumber data penelitian adalah pengasuh pondok pesantren, pengurus pesantren, ustadz pengajar dan santri mahasiswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan metode triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penanaman nilai-nilai moderasi beragama di Pondok Pesantren Daar El-Hikmah dilakukan secara implisit dengan cara internalisasi nilai-nilai washatiyyah (tasamuh, tawassuth, tawazun, itidal, musawah dan syura) terhadap program pesantren, yang terbagi dalam tiga program utama yaitu: 1) Kepengasuhan. 2) Pengajaran. 3) Kesantrian. Bentuk manajemen yang digunakan Pondok Pesantren Daar El-Hikmah dalam penguatan moderasi beragama yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hal ini sesuai dengan hasil observasi peneliti terkait sikap para santri di Pondok Pesantren Daar El-Hikmah yang telah mencerminkan dan mengamalkan nilai pendidikan Islam moderat dalam kehidupan sehari-hari, seperti menghargai agama lain, menghargai pendapat orang lain, peduli terhadap lingkungan sekitar, tolong-menolong, dan lain sebagainya.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Manajemen, pondok pesantren, moderasi beragama |
| Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
| User Penyetor: | S.S.I FN H |
| Tanggal Disetorkan: | 28 Apr 2025 01:50 |
| Perubahan Terakhir: | 28 Apr 2025 01:50 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16732 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
