Strategi Pemasaran Konvensional dan Digital Pada UMKM Kuliner Berbasis Produk Halal Di Desa Cikande Permai Kabupaten Serang Provinsi Banten

Yasin, Muhammad Nur Habib (2024) Strategi Pemasaran Konvensional dan Digital Pada UMKM Kuliner Berbasis Produk Halal Di Desa Cikande Permai Kabupaten Serang Provinsi Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_ES_201410045_COVER.pdf

Download (283kB)
[img] Teks
S_ES_201410045_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Teks
S_ES_201410045_BAB I.pdf

Download (349kB)
[img] Teks
S_ES_201410045_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (387kB)
[img] Teks
S_ES_201410045_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (361kB)
[img] Teks
S_ES_201410045_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (495kB)
[img] Teks
S_ES_201410045_BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Teks
S_ES_201410045_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)

Abstrak

Desa Cikande Permai memiliki keterampilan masyarakat lokal dalam memproduksi berbagai produk Halal. Namun, meskipun memiliki potensi besar, UMKM Halal di Desa Cikande Permai masih menghadapi tantangan dalam memasarkan dan mempromosikan produk-produknya secara efektif. Tantangan ini termasuk kurangnya pemahaman dan keterampilan dalam pemasaran digital, serta keterbatasan sumber daya. Rumusan masalah yang akan dibahas pada penelitian ini yaitu bagaimana perbandingan kondisi internal dan eksternal antara UMKM yang menerapkan pemasaran digital dan konvensional di Desa Cikande Permai, bagaimana posisi strategi pengembangan yang sesuai untuk kedua jenis UMKM berdasarkan analisis matriks IE dan QSPM, Apa rekomendasi strategi yang tepat untuk meningkatkan kinerja pemasaran pada masing-masing UMKM di Desa Cikande Permai. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini berfokus pada analisis strategi pemasaran digital UMKM di Desa Cikande Permai, Kabupaten Serang, di mana terdapat 108 UMKM aktif dengan 85% merupakan produk dan jasa halal. Tujuan penelitian adalah menganalisis dan merumuskan strategi pemasaran digital yang efektif bagi UMKM Halal di desa tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara, serta dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan pendekatan kualitatif yang diperkuat dengan analisis SWOT, matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, dan QSPM. Hasil penelitian terhadap dua UMKM, yaitu Warmindo dan Pentol Kuah, menunjukkan bahwa keduanya memiliki posisi internal yang cukup kuat dengan skor IFE 2,90. Dalam analisis eksternal, Warmindo memperoleh skor EFE 2,87 sedangkan Pentol Kuah 2,69. Matriks IE menempatkan kedua UMKM pada kuadran V (hold and maintain), dan analisis QSPM menunjukkan strategi pengembangan produk sebagai pilihan optimal dengan skor TAS 6,32 untuk Warmindo dan 6,14 untuk Pentol Kuah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi pemasaran digital, analisis SWOT, matriks IE, QSPM
Subjek: 600 Teknologi > 650 Bisnis > 658 Umum manajemen > 658.8 Marketing > 658.81 Manajemen Pemasaran
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 01 Okt 2025 08:10
Perubahan Terakhir: 02 Okt 2025 02:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17626

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.