Studi Perbandingan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah

Madani, Mirza Muhammad Ilham and Jumhana, Nana and Faroji, Ahmad (2025) Studi Perbandingan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah. Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 6(1). pp. 271-289. ISSN 2722-1199

[img] Teks
Studi Perbandingan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah.pdf

Download (539kB)

Abstrak

Penelitian ini membandingkan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah, khususnya pada jenjang sekolah menengah atas (Madrasah Aliyah). Kurikulum 2013 secara sistematis mengembangkan keterampilan berbahasa melalui pendekatan komunikatif, fungsional, dan kontekstual, sedangkan Kurikulum Merdeka lebih fleksibel, menekankan komunikasi global dan pemahaman Islam dari sumber-sumber otentik. Penelitian kualitatif ini melalui analisis dokumen kebijakan kurikulum resmi dari Madrasah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan yang lebih besar kepada peserta didik dalam konteks komunikasi yang beragam, sedangkan Kurikulum 2013 lebih terstruktur dalam membangun kompetensi dasar. Pendekatan berbasis teks dalam Kurikulum Merdeka meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan analitis peserta didik, tetapi implementasinya membutuhkan guru yang siap dan materi pembelajaran yang memadai. Penelitian ini menyoroti perlunya strategi pengajaran yang fleksibel yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan memperkuat penggunaan penilaian berbasis keterampilan untuk evaluasi yang lebih komprehensif. Penelitian lebih lanjut direkomendasikan mengenai efektivitas pembelajaran berbasis teks, kesiapan guru untuk mengadopsi metode ini, dan integrasi teknologi dalam pendidikan bahasa Arab untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Tipe Item/Data: Artikel
Kata Kunci (keywords): Curriculum 2013; Merdeka Curriculum; Arabic Language Learning; Madrasah Aliyah
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 22 Sep 2025 02:22
Perubahan Terakhir: 22 Sep 2025 03:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17574

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.