Putri, Alfiani Hermalia (2025) Implementasi Akad Ju’alah berdasarkan Fatwa DSN-MUI Nomor 62/DSN-MUI/XII/2007 terhadap Pemberian Bonus pada Bisnis Multi Level Marketing Syariah (Studi Kasus pada PT HNI di Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
S_HES_211130149_Cover.pdf Download (819kB) |
|
|
Teks
S_HES_211130149_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
Teks
S_HES_211130149_Bab I.pdf Download (688kB) |
|
|
Teks
S_HES_211130149_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (863kB) |
|
|
Teks
S_HES_211130149_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (549kB) |
|
|
Teks
S_HES_211130149_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (911kB) |
|
|
Teks
S_HES_211130149_Bab V.pdf Download (531kB) |
|
|
Teks
S_HES_211130149_Daftar Pustaka.pdf Download (533kB) |
Abstrak
Kewirausahaan di era modern telah mendorong pertumbuhan bisnis berbasis syariah, termasuk model Multi Level Marketing (MLM) Syariah. Salah satu perusahaan yang menerapkan sistem ini adalah PT Halal Network Internasional (HNI), yang menggunakan akad ju’alah dalam proses rekrutmen dan pemberian bonus. Akad ju’alah merupakan janji pemberian imbalan atas hasil pekerjaan tertentu yang sesuai dengan prinsip syariah. Penelitian ini mengkaji implementasi akad ju’alah berdasarkan Fatwa DSN-MUI No. 62/DSN-MUI/XII/2007 dalam sistem bonus di PT HNI cabang Pandeglang. Hasil studi menunjukkan bahwa meskipun PT HNI telah berupaya menerapkan prinsip syariah, masih ditemukan ketidakjelasan dalam sistem bonus yang berpotensi menimbulkan ketidakpastian hukum. Oleh karena itu, diperlukan perbaikan dalam struktur akad dan transparansi sistem bonus agar sesuai dengan prinsip keadilan dan kepastian hukum dalam ekonomi Islam. Berdasarkan latar belakang diatas, perumusan masalah dalam penelitian ini, adalah : 1). Bagaimana sistem bonus pada bisnis MLM Syariah di PT Halal Network Internasional Pandeglang? 2). Bagaimana implementasi akad ju’alah berdasarkan Fatwa DSN-MUI No. 62 Tahun 2007 terhadap pemberian bonus pada bisnis Multi Level Marketing Syariah di PT Halal Network Internasional Pandeglang? Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Untuk mengetahui sistem bonus pada bisnis MLM Syariah di PT Halal Network Internasional Pandeglang. 2). Untuk mengetahui implementasi akad ju’alah berdasarkan Fatwa DSN-MUI No. 62 Tahun 2007 terhadap pemberian bonus pada bisnis Multi Level Marketing Syariah (MLM Syariah) di PT Halal Network Internasional Pandeglang. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian Kualitatif dengan Pendekatan Normatif Empiris, yang bertujuan untuk memperoleh data melalui studi kepustakaan serta observasi, wawancara, dan dokumentasi secara langsung di Agency Center (AC), Distributor Center (DC) dan Stokis Center (SC) HNI di Pandeglang. Hasil penelitian ini adalah Besarnya bonus yang diperoleh bergantung pada tingkat keanggotaan yang diambil oleh masing-masing member. Selain berbagai jenis bonus tersebut, HNI juga memberikan penghargaan khusus bagi member yang berhasil mencapai tingkat tertentu dalam sistem jaringan mereka. Dengan demikian, penerapan akad ju’alah dalam bisnis HNI telah sesuai dengan ketentuan syariah sebagaimana yang diatur dalam Fatwa DSN-MUI No. 62/DSN-MUI/XII/2007. Hal ini memastikan bahwa sistem bisnis MLM Syariah yang dijalankan HNI tetap berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip Islam, mengedepankan transparansi, dan memberikan keuntungan yang adil bagi seluruh pihak yang terlibat.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Akad ju'alah, fatwa DSN-MUI, MLM syariah, PT HNI Pandeglang |
| Subjek: | 600 Teknologi > 650 Bisnis > 658 Umum manajemen > 658.8 Marketing > 658.84 Distribusi Marketing |
| Divisi: | Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah |
| User Penyetor: | S.S.I Fadhilah NH |
| Tanggal Disetorkan: | 10 Sep 2025 04:46 |
| Perubahan Terakhir: | 10 Sep 2025 04:46 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17529 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
