Manajemen Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Kitab Hidayatul Mustafid dalam Meningkatkan Tartil Membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Asy-Syifa Pandeglang

Wahyuni, Fitri (2025) Manajemen Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Kitab Hidayatul Mustafid dalam Meningkatkan Tartil Membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Asy-Syifa Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img] Teks
S_MPI_211250034_Cover.pdf

Download (249kB)
[img] Teks
S_MPI_211250034_Lampiran Depan.pdf

Download (595kB)
[img] Teks
S_MPI_211250034_Bab I.pdf

Download (324kB)
[img] Teks
S_MPI_211250034_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (606kB)
[img] Teks
S_MPI_211250034_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (238kB)
[img] Teks
S_MPI_211250034_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (322kB)
[img] Teks
S_MPI_211250034_Bab V.pdf

Download (156kB)
[img] Teks
S_MPI_211250034_Daftar Pustaka.pdf

Download (234kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran ilmu tajwid dalam meningkatkan tartil membaca Al-Qur‟an di Pondok Pesantren Asy-Syifa Pandeglang. Fokus penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran tajwid, serta bagaimana setiap tahapan tersebut mendukung kemampuan santri dalam membaca Al Qur‟an secara tartil. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari ustadz/ustadzah pengajar serta santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran dilakukan secara informal namun terarah, mengandalkan pengalaman dan kurikulum tradisional berbasis kitab. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode sorogan, di mana santri membaca Al-Qur‟an secara langsung di hadapan ustadz, kemudian dikoreksi serta diberi pertanyaan terkait hukum tajwid dan makhraj huruf. Evaluasi dilakukan secara berkelanjutan melalui koreksi langsung dan pengamatan progres santri tanpa penilaian numerik, melainkan dengan fokus pada perbaikan dan kedisiplinan. Pembelajaran tajwid di Pondok Pesantren Asy-Syifa tidak hanya menekankan kelancaran membaca, tetapi juga pemahaman mendalam terhadap hukum bacaan. Santri dikatakan mencapai tartil apabila mereka mampu membaca dengan tepat, jelas, dan sesuai kaidah tajwid, serta memahami alasan di balik setiap hukum bacaan yang diterapkan. Dengan demikian, manajemen pembelajaran ilmu tajwid di pondok ini terbukti efektif dalam membentuk kemampuan membaca Al-Qur‟an secara tartil.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Manajemen pembelajaran, ilmu tajwid, tartil, al-Qur'an
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran > 2x1.12 Ilmu-ilmu qiraat > 2x1.121 Tajwid
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah NH
Tanggal Disetorkan: 11 Aug 2025 01:33
Perubahan Terakhir: 11 Aug 2025 01:33
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17288

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.