Nurqistiani, Nadya (2024) Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Motivasi Ibadah Salat Siswa Sehari-hari (Studi di SMA Negeri 3 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
S_PAI_191210083_Cover.pdf Download (216kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210083_Lampiran Depan.pdf Download (600kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210083_Bab I.pdf Download (245kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210083_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (418kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210083_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (366kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210083_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (448kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210083_Bab V.pdf Download (186kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210083_Daftar Pustaka.pdf Download (210kB) |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 3 Kota Serang, mengetahui bagaimana motivasi ibadah salat siswa sehari-hari di SMA Negeri 3 Kota Serang dan mengetahui pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap motivasi ibadah salat siswa sehari-hari di SMA Negeri 3 Kota Serang. Manfaat penelitian ini adalah diharapkan dapat berguna baik secara teoritis maupun praktis bagi semua pihak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode studi korelasional dan untuk teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan angket/kuesioner. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pertama, pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 3 Kota Serang masih harus ditingkatkan lagi, karena masih kurangnya semangat siswa dalam ibadah salat. Pembelajaran agama Islam di SMA Negeri 3 Kota Serang bisa ditingkatkan dengan adanya keseriusan penyampaian materi dan melakukan proses pembelajaran dengan baik dan benar . Kedua, motivasi ibadah salat siswa sehari-hari di SMA Negeri 3 Kota Serang masih kurang dan perlu ditingkatkan lagi karena masih ada siswa yang sering mengabaikan salat dan tidak salat di awal waktu. Maka dari itu, selain peranan guru agama di sekolah, perlu juga dibantu oleh faktor eksternal, contohnya keluarga dan lingkungan masyarakat yang juga berperan terhadap tumbuhnya motivasi ibadah pada siswa. Ketiga, pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap motivasi ibadah salat siswa sehari-hari di SMA Negeri 3 Kota Serang, diperoleh hasil uji hipotesis dan diketahui bahwa nilai signifikansi 0,060 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak, dengan kata lain tidak terdapat pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap motivasi ibadah salat siswa. Besar pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap motivasi ibadah salat siswa sehari-hari adalah 6,3%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Pembelajaran pendidikan agama Islam, motivasi ibadah salat sehari-hari |
| Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| User Penyetor: | S.S.I Fadhilah NH |
| Tanggal Disetorkan: | 04 Aug 2025 06:28 |
| Perubahan Terakhir: | 04 Aug 2025 06:28 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17251 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
