Rahmawati, Rahmawati (2025) Hubungan Pola Asuh dengan Penerimaan diri pada Guru di Kampung Sukajaya Desa Banten Kecamatan Kasemen Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_BKI_181520037_Cover.pdf Download (159kB) |
|
|
Teks
S_BKI_181520037_Lampiran Depan.pdf Download (788kB) |
|
|
Teks
S_BKI_181520037_BAB I.pdf Download (239kB) |
|
|
Teks
S_BKI_181520037_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (462kB) |
|
|
Teks
S_BKI_181520037_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (432kB) |
|
|
Teks
S_BKI_181520037_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (333kB) |
|
|
Teks
S_BKI_181520037_BAB V.pdf Download (112kB) |
|
|
Teks
S_BKI_181520037_Daftar Pustaka.pdf Download (83kB) |
Abstrak
Pola asuh erat kaitannya dengan perkembangan sikap dan tingkah laku manusia dalam kehudupan sehari-hari, pola asuh orang tua membentuk fondasi kepribadian, nilai, cara seseorang berinteraksi dengan orang lain dengan mempengaruhi bagaimana seseorang menangani konflik, mengelola emosi, dan membangun hubungan sosial. Penerimaan diri yang baik akan memberikan pemahaman yang baik guru, pola asuh orang tua ada kaitannya. Penerimaan diri rendah dapat memberikan ketidakpercayaan diri bagi diri sendiri atau orang disekitarnya. Penelitian ini akan membahas tentang: (1) Bagaimana Bentuk Pola Asuh pada Guru di Kampung Sukajaya Desa Banten Kecamatan Kasemen Kota Serang? (2) Bagaimana Tingkat Penerimaan Diri pada Guru di Kampung Sukajaya Desa Banten Kecamatan Kasemen Kota Serang? (3) Apakah terdapat Hubungan Pola Asuh dengan Penerimaan Diri pada Guru di Kampung Sukajaya Desa Banten Kecamatan Kasemen Kota Serang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara pola asuh dengan penerimaan diri pada guru di Kampung Sukajaya Desa Banten Kecamatan Kasemen Kota Serang. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasi yaitu metode analisis data untuk mengetahui adanya hubungan antara dua variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di Kampung Sukajaya yang berjumlah 30 sedangkan pengambilan sampel dengan sampel sensus atau sampel total. Dalam pengambilan sampel ini dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel semua yaitu 30 orang guru. Adapun instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket. Adapun analisisnya menggunakan analisis deskriptif dan korelasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa (1) pada tingkat pola asuh otoriter dengan persentase tertinggi 70%, pola asuh permisif 76,6%, dan pola asuh demokratis 63,3%. (2) Pada tingkat penerimaan diri guru terbanyak berada dalam kategori sedang dengan nilai persentase 90%. Penerimaan diri tingkat sedang dengan pola asuh permisifnya. (3) Berdasarkan pengolahan data pada SPSS versi 23 bahwa nilai person correlation -0,515 dan nilai sig (2 tailed) 0,004 yang artinya lebih kecil dari 0.05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh dengan penerimaan diri pada guru.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Pola Asuh, Penerimaan Diri, Guru |
| Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi > 158.1 Perbaikan Pribadi, Penghidupan yang Sukses |
| Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
| User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
| Tanggal Disetorkan: | 30 Jun 2025 03:03 |
| Perubahan Terakhir: | 30 Jun 2025 03:03 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17054 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
