Pengembangan Media Pohon Karir untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Khusus Negeri 01 Pandeglang

Miftahussalam, Agus (2025) Pengembangan Media Pohon Karir untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Khusus Negeri 01 Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520073_Cover.pdf

Download (305kB)
[img] Teks
S_BKI_191520073_Lampiran Depan.pdf

Download (685kB)
[img] Teks
S_BKI_191520073_BAB I.pdf

Download (306kB)
[img] Teks
S_BKI_191520073_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (447kB)
[img] Teks
S_BKI_191520073_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (356kB)
[img] Teks
S_BKI_191520073_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_BKI_191520073_BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Teks
S_BKI_191520073_Daftar Pustaka.pdf

Download (175kB)

Abstrak

Perencanaan karier merupakan aspek penting dalam mempersiapkan masa depan yang mandiri bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Namun, ABK sering mengalami hambatan dalam mengenali minat, bakat, dan potensi dirinya, sehingga memerlukan media yang tepat untuk membantu proses tersebut. Media Pohon Karir merupakan media visual yang dirancang untuk memfasilitasi ABK dalam memahami tahapan perkembangan karier. Media ini menggunakan analogi pohon, di mana akar dan batang menggambarkan dasar pendidikan, daun melambangkan keterampilan dan kemampuan, serta buah merepresentasikan berbagai pilihan karier yang dapat ditempuh sesuai potensi masing-masing individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pohon Karir dan menguji kelayakannya sebagai alat bantu dalam proses konseling perencanaan karier bagi ABK di SKh Negeri 01 Pandeglang. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model Borg & Gall, yang mencakup delapan tahapan mulai dari identifikasi potensi masalah hingga uji coba produk pada pengguna. Dalam proses uji kelayakan, media ini dinilai oleh ahli materi, ahli media, dan juga diuji coba langsung oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Pohon Karir memperoleh skor 80% dari ahli materi, 68% dari ahli media, dan 92% dari hasil uji coba siswa. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Media Pohon Karir layak digunakan sebagai sarana konseling dan dapat membantu ABK dalam merencanakan karier secara lebih terarah dan sesuai dengan kemampuan serta potensi mereka.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media pohon karir, anak berkebutuhan khusus, perencanaan karier
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 155 Differential & psikologi perkembangan > 155.25 Perkembangan Kepribadian, Perkembangan Karakter
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 02 Jun 2025 04:51
Perubahan Terakhir: 02 Jun 2025 04:51
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16924

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.