Supriyani, Wiwi (2024) Peran Komunikasi Organisasi dalam Memberikan Pelayanan di KUA Kantor Urusan Agama dalam Melayani Masyarakat (Studi Kasus di Kantor Urusan Agama Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_KPI_201510109_Cover.pdf Download (2MB) |
|
|
Teks
S_KPI_201510109_Bab I.pdf Download (381kB) |
|
|
Teks
S_KPI_201510109_Lampiran Depan.pdf Download (3MB) |
|
|
Teks
S_KPI_201510109_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (465kB) |
|
|
Teks
S_KPI_201510109_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (395kB) |
|
|
Teks
S_KPI_201510109_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (768kB) |
|
|
Teks
S_KPI_201510109_Bab V.pdf Download (219kB) |
|
|
Teks
S_KPI_201510109_Daftar Pustaka.pdf Download (273kB) |
Abstrak
Di era globalisasi saat ini, masalah yang dihadapi oleh KUA Kecamatan Tigaraksa adalah bahwasannya pelayanan yang diberikan oleh KUA masih kurang maksimal karena masih ada hambatan di suatu pelayanan yang masih berbelit-belit atau bisa dibilang memakan banyak waktu di karenakan alat pengolah data yang masih kurang maksimal, dan beberapa pegawai tidak memberikan informasi dengan jelas seputar pelayanan KUA sehingga menjadi penghambat pelayanan di KUA itu sendiri. Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu apa peran komunikasi organisasi pelayanan kinerja pegawai di Kantor Urusan Agama Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang dalam melayani Masyarakat, Bagaimana proses komunikasi organisasi kinerja pegawai di Kantor Urusan Agama Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang dalam melayani Masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan lapangan menggunakan purposive informan, sehingga diperoleh 3 (tiga) informan yang sesuai. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta teori yang digunakan yaitu teori Fussi Bakke & Argyris. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, penelitian ini menyatakan peran komunikasi organisasi KUA Kecamatan Tigaraksa ada tiga antara lain: peran pelayanan pernikahan, peran pelayanan zakat dan wakaf, dan peran pelayanan manasik haji tingkat kecamatan. Dan berdasarkan hasil penelitian proses pelayanan pada KUA Kecamatan Tigaraksa meliputi antara lain: perencanaan dan pengorganisasian, pelaksanaan tugas, pengawasan dan evaluasi, peningkatan kualitas pelayanan, dan komunikasi responsivitas. Adapun faktor penghambat KUA Kecamatan Tigaraksa antara lain: alat pengolah data yang masih kurang maksimal, sumber daya manusia, dan kurangnya pemahaman masyarakat terhadap penerapan sistem online. adapun faktor pendukung KUA kecamatan Tigaraksa antara lain: pelayanan sistem online, tingkat Pendidikan, dan ketersediaan sistem pelayanan.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Peran, komunikasi organisasi, pelayanan, masyarakat |
| Subjek: | 2x4 Fiqh > 2x4.6 Hukum Peradilan, Qada', Hukum Perdata Islam |
| Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| User Penyetor: | S.S.I Fadhilah NH |
| Tanggal Disetorkan: | 27 Mei 2025 02:27 |
| Perubahan Terakhir: | 27 Mei 2025 02:27 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16885 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
