Rahmawati, Siti Intan (2024) Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Produk Makanan Halal (Studi Kasus Masyarakat Muslim Kota Jakarta Utara). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_ES_201410155_COVER.pdf Download (134kB) |
|
|
Teks
S_ES_201410155_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
Teks
S_ES_201410155_BAB I.pdf Download (327kB) |
|
|
Teks
S_ES_201410155_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (265kB) |
|
|
Teks
S_ES_201410155_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (309kB) |
|
|
Teks
S_ES_201410155_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (631kB) |
|
|
Teks
S_ES_201410155_BAB V.pdf Download (129kB) |
|
|
Teks
S_ES_201410155_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) |
Abstrak
Penelitian ini dilakukan di Kota Jakarta Utara Provinsi DKI Jakarta untuk mengetahui apakah variabel Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal dan Bahan Makanan berpengaruh positif terhadap Minat Beli Produk Makanan Halal (Studi Pada Masyarakat Muslim Kota Jakarta Utara). Variabel yang diteliti yaitu Sertifikasi Halal (X1), Kesadaran Halal (X2), Bahan Makanan (X3) dan Minat Beli Produk Makanan Halal (Y). Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Apakah sertifikasi halal berpengaruh terhadap minat beli produk makanan halal pada masyarakat muslim Kota Jakarta Utara? 2) Apakah kesadaran halal berpengaruh terhadap minat beli produk makanan halal pada masyarakat muslim Kota Jakarta Utara? 3) Apakah bahan makanan berpengaruh terhadap minat beli produk makanan halal masyarakat muslim Kota Jakarta Utara? 4) Apakah sertifikasi halal, kesadaran halal, dan bahan makanan berpengaruh terhadap minat beli produk makanan halal pada masyarakat muslim Kota Jakarta Utara? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui pengaruh sertifikasi halal terhadap minat beli produk makanan halal pada masyarakat muslim Kota Jakarta Utara 2) Untuk mengetahui pengaruh kesadaran halal terhadap minat beli produk makanan halal pada asyarakat muslim Kota Jakarta Utara 3) Untuk mengetahui pengaruh bahan makanan terhadap minat beli produk makanan halal masyarakat muslim Kota Jakarta Utara 4) Untuk mengetahui pengaruh sertifikasi halal, kesadaran halal, dan bahan makanan terhadap minat beli produk makanan halal pada masyarakat muslim Kota Jakarta Utara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda yang ditampilkan dalam bentuk persamaan regresi. Metode uji instrumen yang terdiri dari uji validitas dan uji reabilitas. Kemudian dilakukan serangkaian uji statistik analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS 25 sebagai alat pengolah data. Hasil penelitian ini menggunakan tingkat signifikansi 5% yang menunjukkan bahwa sertifikasi halal berpengaruh terhadap minat beli dengan nilai t hitung 7,405 > nilai t tabel yaitu 1,966. Begitu pula, kesadaran halal juga berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli dengan nilai t hitung 8,776 > nilai t tabel yaitu 1,966. Lalu, bahan makanan tidak berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli dengan nilai t hitung 1,898 < nilai t tabel yaitu 1,966. Secara bersama-sama, sertifikasi halal, kesadaran halal, dan bahan makanan secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli dengan nilai F hitung 173,365 > F tabel yaitu 2,627.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Bahan Makanan, dan Minat Beli |
| Subjek: | 600 Teknologi > 650 Bisnis > 658 Umum manajemen |
| Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
| User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
| Tanggal Disetorkan: | 21 Mei 2025 08:13 |
| Perubahan Terakhir: | 21 Mei 2025 08:13 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16861 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
