Adl, Anggi Triana (2023) Analisis Strategi Pemasaran Syariah terhadap Pengembangan Usaha Jual Beli Makanan (Studi Kasus di Warung Makan Kantin Sakinah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_ES_181410227_Cover.pdf Download (25kB) |
|
|
Teks
S_ES_181410227_Lampiran Depan.pdf Download (563kB) |
|
|
Teks
S_ES_181410227_Bab I.pdf Download (347kB) |
|
|
Teks
S_ES_181410227_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (617kB) |
|
|
Teks
S_ES_181410227_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (157kB) |
|
|
Teks
S_ES_181410227_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (776kB) |
|
|
Teks
S_ES_181410227_Bab V.pdf Download (9kB) |
|
|
Teks
S_ES_181410227_Daftar Pustaka.pdf Download (406kB) |
Abstrak
Pemasaran Islami memiliki posisi yang strategi karena pemasaran Islami merupakan salah satu strategi pemasaran yang didasarkan pada Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW. Marketing syariah merupakan seluruh proses, baik proses penciptaan, proses penawaran, maupun proses perubahan nilai (value) dimana tidak boleh ada hal-hal yang bertentangan dengan akad dan prinsip prinsip muamalah Islami. Warung makan kantin Sakinah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten adalah salah satu pelaku usaha yang sudah lama beroperasi, usaha-usaha yang banyak timbul saat ini ialah tantangan tertentu bagi perusahaan untuk bisa bersaing. Perihal tersebut pelaku usaha warung makan kantion Sakinah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten terus berfikir menciptakan berbagai alternatif strategi yang pas untuk menghadapi pesaing pesaingnya. Penelitian ini dilakukan di warung makan kantin Sakinah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten gua mengetahui strategi pemasaran serta implementasi prinsip-prinsip syariah. Adapun perumusan masalah pada penilitian ini diantaranya ialah: 1) Bagaimana strategi pemasaran pada warung makan Sakinah kantin UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten? 2) Apakah pemasaran pada warung makan sakinah sudah sesuai dengan prinsip syariah? Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk menganalisa tentang strategi pemasaran yang dipakai oleh warung makan Sakinah kantin UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. 2) Menganalisa pemasaran pada warung makan Sakinah apakah sesuai dengan prinsip syariah. Penelitian ini dianalisis yang menggunakan menggunakan deskriptif kualitatif yang mencakup analisis pemasaran (product, price, place, promotion) juga menggunakan Matriks IFE, EFE, IE, SWOT dan QSPM menganalisis mengenai kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan serta evaluasi terhadap faktor internal perusahaan. Maka hasil penelitian ini di peroleh bahwa perhitungan hasil IFE di dapatkan nilai 2,61 >dari 2,5. Hasil EFE dan IE di dapatkan nilai sebesar 3,51, maka di dapatkan hasil matriks IE berada di kuadran I, dimana posisi strategis perusahaan warung makan kantin Sakinah berada pada posisi Grow and Build yang menggambarkan kondisi perusahaan sedang bertumbuh dan berkembang. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kantin Sakinah merupakan kantin yang tumbuh dan berkembang serta menggunakan perdagangan secara syariah atau di sebut juga dengan konsep perdagangan ekonomi secara islam.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Analisis strategi pemasaran, matriks IFE, EFE< IE, SWOT, QSPM |
| Subjek: | 600 Teknologi > 650 Bisnis > 658 Umum manajemen > 658.8 Marketing > 658.81 Manajemen Pemasaran |
| Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
| User Penyetor: | S.S.I FN H |
| Tanggal Disetorkan: | 05 Mei 2025 01:35 |
| Perubahan Terakhir: | 05 Mei 2025 01:35 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16745 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
