Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMK Negeri 1 Kragilan

Nugraha, Agung (2022) Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMK Negeri 1 Kragilan. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_182420097_COVER.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_MPI_182420097_LAMPIRAN DEPAN.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_182420097_BAB I.pdf

Download (412kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_MPI_182420097_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (447kB)
[img] Teks
T_MPI_182420097_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (375kB)
[img] Teks
T_MPI_182420097_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (444kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_182420097_BAB V.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_182420097_DAFTAR PUSATAKA.pdf

Download (149kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Kepemimpinan kepala sekolah adalah garda terdepan dalam menciptakan kinerja guru dan mutu pendidikan. Untuk dapat menciptakan kinerja guru serta meningkatkan mutu pendidikan, maka diperlukan suatu strategi yang tepat dan terarah serta terukur. Karena pada praktiknya kepemimpinan kepala sekolahlah yang akan menentukan terhadap peningkatan mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui strategi kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK Negeri 1 Kragilan. Untuk mengetahui kinerja guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK Negeri 1 Kragilan, serta untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung strategi kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru dalam meningkatkan mutu Pendidikan di SMK Negri1 Kragilan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (qualitative research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Metode ini, merupakan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara terbuka, observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi data, yaitu membandingkan data-data yang dapat melalui wawancara tertutup, penelaahan dokumen dan observasi kemudian data tersebut dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Strategi kepala sekolah merupakan kebijakan-kebijakan yang penting dari sekolah untuk mencapai tujuan yaitu meningkatkan dan mengembangkan mutu sekolah. Strategi yang tepat dapat berdampak pada keberhasilan sekolah dalam mencapai tujuannya. Untuk mendapatkan strategi yang tepat, sekolah memerlukan mengetahui informasi tentang faktor-faktor di sekolah yang dapat mendukung keberhasilan dalam mencapai tujuan. Oleh karenanya, sekolah perlu menganalisis faktor-faktor tersebut. Kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan memiliki tanggung jawab meningkatkan kinerja para guru di sekolahnya. Oleh sebab itu, kepala sekolah harus memahami manajemen kinerja (performance management) guna meningkatkan keefektifan dan efisiensi program-program yang dirancangnya dalam rangka meningkatkan kinerja guru dan capaian tujuan organisasi sekolah. Kepala sekolah harus memiliki keterampilan konseptual guna memikirkan strategi dalam meningkatkan kinerja guru dan kinerja organisasi sekolah secara komprehensif. faktor penghambat dalam peningkatan kinerja guru salah satunya kurangnya motivasi bagi guru serta peningkatan kompetensi keahlian bagi guru sangat berpengaruh terhadap aktivitas pembelajaran. Salah satu yang menjadi faktor pendukung adalah komitmen kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dapat dijadikan modal beharga bagi kepala sekolah untuk meningkatkan mutu sekolah, sebab kepala sekolah merupakan aktor kunci dalam peningkatan mutu sekolah, karena kepala sekolah memiliki kewenangan penuh terhadap keberhasilan sekolah. Maka dari itu komitmen dan keseriusan kepala sekolah sangat penting sekali dalam memajukan sekolah kedepannya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi Kepemimpinan, Mutu Pendidikan
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 16 Nov 2022 06:43
Perubahan Terakhir: 16 Nov 2022 06:43
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9996

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.