Urbaturaachman, Aghnia (2022) Pembacaan al-Qur’an Surat al-Ikhlāṣ di Majelis Taklim al-Hikmah (Kajian Living Qur’an di Kp. Pasir Manggu, Ds. Kadubungbang, Kec. Cimanuk). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_IAT_171320007_Cover.pdf Download (351kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_IAT_171320007_Lampiran Depan.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
|
Teks
S_IAT_171320007_Bab I.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_IAT_171320007_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (475kB) |
||
Teks
S_IAT_171320007_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (158kB) |
||
Teks
S_IAT_171320007_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (577kB) |
||
|
Teks
S_IAT_171320007_Bab V.pdf Download (110kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_IAT_171320007_Daftar Pustaka.pdf Download (876kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Al-Qur‟an adalah firman Allah Swt. Yang merupakan pedoman umat Islam dan pada zaman sekarang banyak sekali kegiatan-kegitan yang menggunakan al-Qur‟an sebagai sarananya. Berarti semakin banyak yang berinteraksi dengan al-Qur‟an baik dengan lisan, atau tulisan, maupun perbuatan. Contohnya membaca al-Qur‟an surat pilihan di lokasi tertentu, pada waktu tertentu dan hari tertentu, al-Qur‟an sebagai obat atau penyembuh, dan juga belajar dan mengajar al- Qur‟an, belajar cara membaca al- Qur‟an, mengahafal al-Qur‟an. dan juga masih banyak contoh-contoh interaksi atau kegiatan-kegiatan yang menjadikan al-Qur‟an sebagai subjek atau sarananya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui :1. Bagaimana prosesi pelaksanaan pembacaan al-Qur‟an surat al-Ikhlāṣ di majlis ta‟lim al- Hikmah tersebut 2. Bagaimana Makna dan Dampak Pembacaan al-Qur‟an surat al-Ikhlāṣ di Majlis Ta‟lim al-Hikmah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan penelitian lapangan (field reserch), yang menggunakan penulisan deskriptif. Yaitu studi kasus di Majlis Ta‟lim al-Hikmah di kp. pasir manggu, Ds. Kadubungbang, Kec. Cimanuk, Kab. Pandeglang. dan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan. Dapat disimpulkan bahwa pembacaan al-Qur‟an surat al-Ikhlāṣ yang bertempat di Majlis Ta‟lim al-Hikmah dengan jamaah ibu-ibu kurang lebih 10 orang yang diawali dengan dengan membaca hadorot atau tawasul (mendoakan orang yang telah meninggal), Lalu selanjutnya dilanjutkan dengan membaca dzikir dan surat al-Ikhlāṣ sebanyak 200 kali selanjutnya dan membaca kalimat Tahlil sebanyak 200 kali dan diakhiri dengan doa, lalu ditutup dengan membaca sholawat nariah sebanyak 3 kali. Makna pembacaan al-Qur‟an surat al-Ikhlāṣ yaitu: 1. mendekatkan diri kepada Allah. 2. pengharapan fadhilah dan barokah dari pembacaan surat al-Ikhlāṣ tersebut. Adapun dampak yang dirasakan dari pembacaan al-Qur‟an surat al-Ikhlāṣ yaitu: mempererat tali Silaturrahmi dan meningkatkan kepedulian antar sesama.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Praktik Pengajian, al-Ikhlāṣ, Majelis Ta‟lim |
Subjek: | 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.4 Kumpulan ayat-ayat dan surat-surat tertentu > 2x1.43 Ayat-ayat mengenai aqaid |
Divisi: | Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran dan Tafsir |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 18 Nov 2022 03:58 |
Perubahan Terakhir: | 18 Nov 2022 03:58 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9812 |
Actions (login required)
Lihat Item |