Pengaruh Motivasi Kerja dan Kinerja Guru terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan (Studi di MTs. Assalam, MTs. Alhikmah dan MTs. Alkhairiyah Kab. Serang)

Fatmawati, Fatmawati (2022) Pengaruh Motivasi Kerja dan Kinerja Guru terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan (Studi di MTs. Assalam, MTs. Alhikmah dan MTs. Alkhairiyah Kab. Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_192630003_COVER.pdf

Download (26kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_MPI_192630003_LAMPIRAN DEPAN.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_192630003_BAB I.pdf

Download (503kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_MPI_192630003_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (832kB)
[img] Teks
T_MPI_192630003_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (789kB)
[img] Teks
T_MPI_192630003_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_192630003_BAB V.pdf

Download (23kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_192630003_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Di antara sekian banyak faktor yang menentukan mutu pendidikan adalah motivasi kerja dan kinerja guru. Karena guru merupakan pelaksana pendidikan yang sangat diperlukan. Akan tetapi, tidak jarang ditemukan guru yang kurang memiliki gairah dalam melaksanakan tugasnya, baik dari segi merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, maupun dalam mengevaluasi pembelajaran, yang tentu akan berdampak terhadap kurang berhasilnya tujuan yang hendak dicapai. Motivasi kerja dan kinerja guru yang baik, tentu akan mendorong tercapainya pendidikan yang bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; Pengaruh langsung motivasi kerja terhadap peningkatan mutu pendidikan., Pengaruh langsung kinerja guru terhadap peningkatan mutu pendidikan., Pengaruh langsung motivasi kerja terhadap kinerja guru., Pengaruh tidak langsung motivasi kerja melalui kinerja guru terhadap peningkatan mutu pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian survey korelasional. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Path Analysis (analisis jalur). Sementara objek dalam penelitian ini adalah seluruh dewan guru pada Madrasah Tsanawiyah swasta di Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang. Sampel penelitian ini sebanyak 67 guru. Hasil penelitian ini membuktikan, bahwa: terdapat pengaruh langsung yang signifikan motivasi kerja terhadap peningkatan mutu pendidikan yang ditunjukkan oleh angka koefisien jalur (p31) sebesar 0,949., terdapat pengaruh langsung yang signifikan kinerja guru terhadap peningkatan mutu pendidikan yang ditunjukkan oleh angka koefisien jalur (p32) sebesar 0,550., terdapat pengaruh langsung yang signifikan motivasi kerja terhadap kinrja guru yang ditunjukkan oleh nilai koefisien jalur (p21) sebesar 0,812., terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan motivasi kerja dan kinerja guru terhadap peningkatan mutu pendidikan. Artinya, kontribusi motivasi kerja mempengaruhi mutu pendidikan sebesar 19,95 % sedangkan sisanya yaitu 80,05 %. Ini berarti makin tinggi motivasi kerja dan peningkatan kinerja guru, maka semakin tinggi juga terhadap peningkatan mutu pendidikan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Motivasi kerja, Kinerja guru, Mutu Pendidikan
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 18 Nov 2022 07:34
Perubahan Terakhir: 18 Nov 2022 07:34
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9676

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.