Manajemen Kurikulum dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Kesetaraan Tingkat Wustho pada Pondok Pesantren At-Thohariyah Sodong Pandeglang

Sape’i, Sape’i (2022) Manajemen Kurikulum dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Kesetaraan Tingkat Wustho pada Pondok Pesantren At-Thohariyah Sodong Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_192630023_COVER.pdf

Download (75kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_MPI_192630023_LAMPIRAN DEPAN.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (929kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_192630023_BAB I.pdf

Download (281kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_MPI_192630023_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (302kB)
[img] Teks
T_MPI_192630023_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (132kB)
[img] Teks
T_MPI_192630023_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (433kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_192630023_BAB V.pdf

Download (46kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_192630023_DAFTAR PUSTAK.pdf

Download (897kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui manajemen kurikulum Pondok Pesantren At-Thohariyah Sodong Pandeglang. 2) Untuk mengetahui Implementasi Pelaksanaan Manajemen Kurikulum Pondok Pesantren guna meningkatkan mutu pendidikan kesetaraan tingkat wustho yang dilakukan Pondok Pesantren At-Thohariyah Sodong Pandeglang. 3) Untuk mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat Manajemen Kurikulum di Pondok Pesantren At-Thohariyah Sodong Pandeglang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan karakteristik alami (Natural Setting) sebagai sumber data langsung, deskriptif, dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus yaitu suatu deskripsi intensif dan analisis fenomena tertentu atau satuan sosial seperti individu, kelompok, institusi atau masyarakat Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa. 1) Kurikulum Pondok Pesantren At-Thohariyah didasarkan kepada aturan perundang-undangan yang berlaku. Diantara aturan dan peraturan yang menjadi dasar penyusunan dan pengembangan kurikulum adalah undang-ungang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah RI nomor 55 tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan keagamaan, Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia nomor 13 tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Islam. 2) Pondok pesantren Darul Muttaqin tetap mempertahankan ketradisionalannya dan menerapkan sistem manajemen modern.. ; 3) Dalam pelaksanaan manajemen kurikulum pondok pesantrena di Pondok Pesantren At-Thohariyah Sodong Pandeglang terdapat faktor pendukung dan juga faktor penghambat. Faktor tersebut berasal dari dalam dan dari luar pondok pesanteren itu sendiri baik pengelolaan manajemen kurikulum itu sendiri, pimpinan pondok pesanteren, guru atau ustad/ustadzah, para santri-santri serta sarana dan prasarana pendidiakn pesantren dan juga factor lingkungan di pesantren.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Manajemen Kurikulum, Pondok Pesantren
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Magister > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 17 Nov 2022 04:36
Perubahan Terakhir: 17 Nov 2022 04:36
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9656

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.