Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Etos Kerja Guru terhadap Mutu Pembelajaran di SMA Negeri 5 dan SMA Negeri 16 Pandeglang

Afaf, Tsurayya Syadza (2022) Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Etos Kerja Guru terhadap Mutu Pembelajaran di SMA Negeri 5 dan SMA Negeri 16 Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_MPI_182420120_COVER.pdf

Download (137kB)
[img] Teks
T_MPI_182420120_LAMPIRAN DEPAN.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (992kB)
[img] Teks
T_MPI_182420120_BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Teks
T_MPI_182420120_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (625kB)
[img] Teks
T_MPI_182420120_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (669kB)
[img] Teks
T_MPI_182420120_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (525kB)
[img] Teks
T_MPI_182420120_BAB V.pdf

Download (273kB)
[img] Teks
T_MPI_182420120_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (71kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap mutu Pembelajaran, (2) Pengaruh etos kerja guru terhadap mutu Pembelajaran (3) Pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan etos kerja guru terhadap mutu Pembelajaran. Objek dalam penelitian ini adalah guru SMA Negeri 5 dan SMA Negeri 16 Pandeglang dengan jumlah sampel sebanya 58 guru. Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis dengan menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini (1) Tingkat ketercapaian Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam penelitian ini mencapai 79,37% termasuk dalam kategori baik; (2) Tingkat ketercapaian Etos Kerja Guru dalam penelitian ini mencapai 79,94% termasuk dalam kategori baik; (3) Tingkat ketercapaian Mutu Pembelajaran dalam penelitian ini mencapai 78,54% termasuk dalam kategori baik; (4) Terdapat kontribusi positif dan signifikan Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Mutu Pembelajaran yang ditunjukkan dengan nilai ry1 dengan nilai 0,51, r 2 sebesar 0,26, thitung > ttabel (4,44 > 1,68); (5) Terdapat kontribusi positif dan signifikan Etos Kerja Guru terhadap Mutu Pembelajaran yang ditunjukkan dengan nilai ry2 dengan nilai 0,80, r 2 sebesar 0,64, thitung > ttabel (9,85 > 1,68) dan; (6) Terdapat kontribusi positif dan signifikan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Etos Kerja Guru secara bersama-sama terhadap Mutu Pembelajaran yang ditunjukkan dengan Ry(1.2) = 0,22, r2 sebesar 0,5 dan > (13,27 > 4,03).

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Supervisi Akademik, Etos Kerja Guru, Mutu Pembelajaran
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 21 Nov 2022 01:48
Perubahan Terakhir: 21 Nov 2022 01:48
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9654

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.