Sahlan, Fahmi Nur Muhammad (2022) Peran Komunitas Rumah Anak Bumi dalam Pelayanan Sosial Anak Desa Cibunar, Kecamatan ParungPanjang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PMI_171380048_COVER.pdf Download (104kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PMI_171380048_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (507kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PMI_171380048_BAB I.pdf Download (290kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PMI_171380048_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (417kB) |
||
Teks
S_PMI_171380048_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (261kB) |
||
Teks
S_PMI_171380048_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (284kB) |
||
|
Teks
S_PMI_171380048_BAB V.pdf Download (161kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PMI_171380048_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Manusia pada dasarnya makhluk sosial, membutuhkan bantuan dan bimbingan manusia lainnya. Dalam upaya menunjang keberhasilan individu maka sejak kecil anak perlu menguasai berbagai kemampuan terutama kemampuan sosial emosional. Komunitas Rumah Anak Bumi hadir memberikan perbaikan untuk lingkungan sekitar, yakni dengan memberikan berbagai kegiatan positif untuk anak-anak seperti kegiatan atau program pelayanan edukasi yaitu, Kelas Pendidikan, Kelas Seni dan Lingkungan Hidup. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat diambil rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1). Bagaimana pelayanan yang diberikan komunitas Rumah Anak Bumi terhadap anak di Desa Cibunar Kecamatan Parungpanjang Kabupaten Bogor? 2). Bagaimana dampak pelayanan edukasi sosial anak yang dilakukan di Komunitas Rumah Anak Bumi? 3). Faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung dalam menjalankan program. Penelitian ini bertujuan menjelaskan: 1). Untuk mengetahui pelayanan edukasi sosial yang diberikan Komunitas Rumah Anak Bumi. 2). Untuk mengetahui peran pelayanan edukasi yang dilakukan oleh Komunitas Rumah Anak Bumi terhadap anak. 3). Untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam menjalankan program Komunitas Rumah Anak Bumi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggambarkan objek penelitian sesuai fakta yang ada di tempat penelitian. Dan untuk teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Komunitas Rumah Anak Bumi yang memiliki sebuah tujuan menciptakan generasi yang berguna bagi masyarakat dan Negara. Rumah Anak Bumi memiliki 3 program pelayanan edukasi yaitu, Kelas Pendidikan, Kelas Seni dan Lingkungan Hidup. 2) komunitas Rumah Anak Bumi memberikan dampak positif bagi anak. Anak mampu mengembangkan pengetahuan yang mereka dapatkan dan para orang tua anak penerima layanan edukasi merasa sangat puas dengan program-program yang diberikan untuk anak-anaknya. 3) Faktor pendukung dalam program tersebut adalah: keterlibatan pengurus dan sarana dan prasarana. Adapun faktor penghambat yaitu: cuaca buruk, tenaga pengajar dan letak komunitas RAB.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Komunitas RAB, Pelayanan Edukasi, Anak |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 303 Sosial proses |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 21 Nov 2022 02:37 |
Perubahan Terakhir: | 25 Mar 2024 07:12 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9629 |
Actions (login required)
Lihat Item |