Pengaruh Tingkat Pemahaman dan Penghasilan terhadap Minat Menjadi Peserta Asuransi Syariah (Studi Kasus Pelaku Usaha di Pasar Ciomas Kabupaten Serang Banten)

Agustina, Nuravina Eka (2022) Pengaruh Tingkat Pemahaman dan Penghasilan terhadap Minat Menjadi Peserta Asuransi Syariah (Studi Kasus Pelaku Usaha di Pasar Ciomas Kabupaten Serang Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430116_Cover.pdf

Download (30kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430116_Lampiran Depan.pdf

Download (941kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430116_Bab I.pdf

Download (318kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_AS_181430116_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (482kB)
[img] Teks
S_AS_181430116_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (376kB)
[img] Teks
S_AS_181430116_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (503kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430116_Bab V.pdf

Download (88kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_AS_181430116_Daftar Pustaka.pdf

Download (225kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pada latar belakang masalah ini sedikitnya ketertarikan masyarakat dalam memakai asuransi syariah disebabkan karena pemahaman yang masih rendah terhadap konsep layanan keuangan-keuangan berbisnis syariah diperkirakan menjadi penyebab utama masih rendahnya penetrasi asuransi syariah di Indonesia. Serta penghasilan yang sedikit di kalangan masyarakat khususnya pelaku usaha di pasar ciomas kabupaten serang banten. Asuransi syariah merupakan usaha saling melindungi dan tolong – menolong diantara sejumlah orang atau pihak melalui investasi dalam bentuk aset yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad (perikatan) yang sesuai dengan syariah. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan diatas, maka penulis membuat rumusan masalah yaitu “Apakah terdapat pengaruh mengenai pemahaman dan penghasilan terhadap minat menjadi peserta asuransi syariah bagi para pelaku uaha di pasar ciomas kabupaten serang banten”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat pemahaman dan penghasilan terhadap minat menjadi peserta asuransi syariah (studi kasus pelaku usaha di pasar ciomas kabupaten serang banten). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam menentukan sampel dan populasi dalam peneliti ini, peneliti menggunakan rumus slovin, dengan menggunakan metode purposive sampling yang dimaksud dengan metode purposive sampling yaitu peneliti memilih sampel yang mempunyai ciri – ciri atau kriteria khusus yang sesuai dengan penelitian. Dengan menyebar kuesioner berjumlah 64 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil perhitungan regresi juga menunjukan bahwa nilai signifikasi uji t sebesar 0,00 < 0,05 bahwa Ha3 diterima dan Ho3 ditolak, artinya bahwa variabel pemahaman dan penghasilan berpengaruh terhadap minat menjadi peserta asuransi syariah. Dengan angka koefisien determinasi yang dilakukan pada uji determinasi diperoleh r square sebesar 0,809 yang artinya menunjukan bahwa pengaruh pemahaman dan penghasilan dapat menjelaskan pengaruhnya terhadap minat menjadi peserta asuransi syariah yaitu sebesar 80,9% sedangkan sisanya 19,1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pemahaman dan Penghasilan Pelaku Usaha, Minat Pelaku Usaha, Asuransi Syariah
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial > 368 Asuransi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 21 Nov 2022 07:16
Perubahan Terakhir: 21 Nov 2022 07:16
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9468

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.