Pangestu, Muhammad Syahrindra Sofyan (2022) Manajemen Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_MPI_181250061_COVER.pdf Download (357kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_181250061_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_181250061_BAB I.pdf Download (474kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_181250061_BAB II.pdf Download (285kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_181250061_BAB III.pdf Download (268kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_181250061_BAB IV.pdf Download (894kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_181250061_BAB V.pdf Download (13kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_181250061_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan maraknya kasus-kasus yang melibatkan pelajar seperti tawuran antar pelajar, pelecehan seksual, minum-minuman keras, narkotika dan lain sebagainya, hal tersebut menandakan bahwa kurangnya dan lemahnya pendidikan moral dan karakter. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pendidikan karakter perspektif Islam, mendeskripsikan manajemen pendidikan karakter menurut pandangan umum, mengetahui manajemen pendidikan karakter perspektif Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan (library research), mencari sumber yang relevan sesuai dengan topik pembahasan seperti buku, artikel, jurnal dan dokumentasi lainnya. Teknik analisis terdiri dari pengelompokkan literatur, mengelaborasi hasil pengelompokkan secara ringkas, dan menganalisis isi literatur yang relevan sehingga menjadi paragraf ilmiah. Hasil penelitian ini adalah 1) Pendidikan karakter perspektif Islam merupakan penyaluran ilmu pengetahuan yang berdasarkan pada akhlak mulia sedari masa pertumbuhan hingga akhir hayat dengan berbagai model pendidikan yang bertujuan membentuk perilaku yang beradab dan berakhlak kepada manusia sehingga patuh dan taat terhadap ajaran Islam yang kemudian memberi kekuatan dan kebermanfaatan bagi bangsa dan negara sebagai bentuk pengakuan keberadaan Tuhan. 2) Manajemen pendidikan karakter menurut pandangan umum yaitu pengelolaan pada sistem pendidikan baik secara nasional, regional, maupun satuan (sekolah) melalui implementasi fungsi-fungsi manajemen agar sesuai dengan karakter bangsa dan agama sebagai usaha untuk membentuk karakter peserta didik yang berakhlak mulia dengan memanfaatkan unsur-unsur manajemen secara efisien. 3) Manajemen pendidikan karakter perspektif Islam adalah untuk mengimplementasikan pendidikan karakter perspektif Islam secara efektif dan efisien serta menyeluruh dan utuh dengan pengelolaan yang tepat pada lembaga pendidikan. Dimulai dari menerapkan fungsi-fungsi manajemen serta seluruh unsur-unsur manajemen
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Manajemen Pendidikan, Pendidikan Karakter, Pendidikan Karakter Islam. |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 15 Sep 2022 06:19 |
Perubahan Terakhir: | 15 Sep 2022 06:19 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9407 |
Actions (login required)
Lihat Item |