TAHAPAN TERAPI PSIKOSOSIAL DALAM MENANGANI KORBAN KEKERASAN SEKSUAL Studi Kasus di Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Prov. Banten

Hasanah, Iswatun (2015) TAHAPAN TERAPI PSIKOSOSIAL DALAM MENANGANI KORBAN KEKERASAN SEKSUAL Studi Kasus di Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Prov. Banten. Diploma atau S1 thesis, IAIN SMH Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
Abstrak.pdf

Download (654kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
cover.pdf

Download (156kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf

Download (302kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf

Download (240kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf

Download (381kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
bab IV.pdf

Download (347kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf

Download (292kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Kasus kekerasan seksual terhadap anak hampir selalu menjadi kasus terbanyak pada setiap laporan kasus anak di beberapa Lembaga/Instansi khususnya LPA Prov. Banten. Maka dibutuhkan kajian tentang perkembangan anak yang menjadi korban kekerasan seksual dan penanganan dalam memulihkan kondisi psikososialnya. Terapi psikososial adalah serangkaian intervensi yang dilakukan oleh praktisi kepada korban dengan tujuan untuk memulihkan kondisi psikososial korban sehingga korban dapat menerima dan mengambil pelajaran dari tindakan kekerasan yang dialaminya serta melanjutkan hidupnya dengan baik. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kondisi psikososial korban sebelum mengalami kekerasan seksual di LPA Prov. Banten?; 2) Bagaimana kondisi psikososial korban setelah mengalami kekerasan seksual di LPA Prov. Banten?; 3) Bagaimana penerapan terapi psikososial dalam menangani korban kekerasan seksual di LPA Prov. Banten?. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui kondisi psikososial korban sebelum mengalami kekerasan seksual di LPA Prov. Banten; 2) Mengetahui kondisi psikososial korban setelah mengalami kekerasan seksual di LPA Prov. Banten; 3) Mengetahui penerapan terapi psikososial dalam menangani korban kekerasan seksual di LPA Prov. Banten. Penelitian ini mengambil studi kasus di LPA Prov. Banten menggunakan pendekatan kualitatif - deskriptif analisis, dengan pengumpulan data observasi, wawancara kepada praktisi LPA dan korban/keluarga korban kekerasan seksual serta pengkajian dokumentasi arsip/berkas terkait. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Kondisi psikososial korban sebelum mengalami kekerasan seksual pada umumnya terlihat baik, namun pola asuh dan pola komunikasi orang tuanya kurang tepat; (2) Kondisi psikososial korban setelah mengalami kekerasan seksual memiliki perubahan yang berbeda pada klasifikasi jenis kelamin dan usia pendidikan anak. Dalam klasifikasi jenis kelamin, korban laki-laki tidak menunjukkan perubahan yang mengkhawatirkan dibandingkan korban perempuan. Sedangkan dalam klasifikasi usia pendidikan anak, korban < SD hanya mengalami luka dan cenderung tidak menunjukkan perubahan yang mengkhawatirkan pada aspek lainnya karena masih belum mengerti dengan tindakan salah yang dialaminya. Sedangkan pada korban > SD mengalami kerusakan fisik dan perubahan sikap lainnya; (3) Penerapan terapi psikososial dalam mengangani korban kekerasan seksual di LPA Prov. Banten adalah: Menganalisis kondisi korban dan lingkungan sekitar korban, memulai proses terapi psikososial, menganalisis masalah korban, mendiskusikan harapan korban, membangkitkan semangat korban untuk melaksanakan harapan yang sudah didiskusikan, mengakhiri proses terapi, tindak lanjut serta pemantauan korban. Kata Kunci : Terapi Psikososial, Korban Kekerasan Seksual, anak-anak.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi
100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 02 Mar 2017 07:33
Perubahan Terakhir: 06 Mar 2017 02:46
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/93

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.