Tirta, Nahjudin (2022) Manajemen Layanan Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_MPI_161250050_COVER.pdf Download (130kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_161250050_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (505kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_161250050_BAB I.pdf Download (230kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_MPI_161250050_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (434kB) |
||
|
Teks
S_MPI_161250050_BAB III.pdf Download (181kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_MPI_161250050_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (328kB) |
||
|
Teks
S_MPI_161250050_BAB V.pdf Download (91kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_161250050_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil tempat di SMAN 1 Pontang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Kenakalan siswa yang terjadi di SMAN 1 Pontang masih tergolong ringan diantaranya seperti, membolos, merokok dan tidak mengerjakan tugas. Kedua, Pelaksanaan layanan bimbingan konseling di SMAN 1 Pontang sudah cukup baik. Dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMAN 1 Pontang terdapat program-program seperti: tindakan preventif (pencegahan) dan juga tindakan yang bersifat kuratif (penyembuhan atau pengentasan), terdapat juga layanan konseling dalam menanggulangi kenakalan siswa meliputi: a) layanan konseling individu, dimana layanan konseling individu dilaksanakan dengan cara tatap muka (face to face) antara guru BK dengan siswa yang di dalamnya membahas tentang permasalahan yang sifatnya pribadi, b) layanan kunjungan rumah dan pemanggilan orang tua, dimana layanan ini digunakan saat kondisi tertentu. Dalam proses pelaksanaan bimbingan terdapat tahapan-tahapan diantaranya: perencanaan dan asessment, penetapan tujuan, pelaksanaan bimbingan dan evaluasi. Ketiga, kenakalan siswa setelah mendapat bimbingan konseling, terdapat perubahan yang terjadi kepada siswa setelah mendapat bimbingan seperti: a) siswa yang membolos kini sudah meninggalakan kebiasaan buruknya tersebut dan menjadi rajin b) siswa yang merokok bisa secara perlahan meninggalkan kebiasaan merokok dan beralih dengan menabung setalah diberikan bimbingan dan arahan c) siswa yang tidak mengerjakan tugas menjadi rajin dan bisa mengerjakan tugas dengan bantuan bimbingan belajar dan juga sudah mampu bersosialisasi dengan temannya. Dengan perubahan sikap siswa tersebut menjadi acuan bahwa bimbingan konseling cukup efektif dalam mengatasi kenakalan siswa. Semoga dengan diadaknnya penelitian tentang manajemen layanan bimbingan konseling ini pelayanan bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di SMAN 1 Pontang lebih maksimal dan lebih baik.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | bimbingan konseling, kenakalan siswa, manajemen, penanganan |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 06 Sep 2022 03:40 |
Perubahan Terakhir: | 06 Sep 2022 03:40 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9136 |
Actions (login required)
Lihat Item |