Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Tindakan Perundungan (Bullying) (Studi Kasus di SMA Negeri dan Swasta Kecamatan Cikupa)

Hartono, Febrianti Kartika Amala (2022) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Tindakan Perundungan (Bullying) (Studi Kasus di SMA Negeri dan Swasta Kecamatan Cikupa). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210188_Cover.pdf

Download (138kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210188_Lampiran Depan.pdf

Download (775kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210188_Bab I.pdf

Download (242kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210188_Bab II.pdf

Download (815kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210188_Bab III.pdf

Download (210kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210188_Bab IV.pdf

Download (304kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210188_Bab V.pdf

Download (144kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210188_Daftar Pustaka.pdf

Download (227kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tantangan baru di dunia pendidikan yaitu tindakan perundungan (bullying) yang dapat mengganggu pribadi siswa, lingkungan pembelajaran siswa, menghambat keberhasilan pembelajaran, dan yang dapat menimbulkan banyak dampak buruk lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa bentuk, faktor, dampak dari tindakan perundungan (bullying) yang terjadi di SMA Negeri dan Swasta Kecamatan Cikupa. Untuk mengetahui cara yang akan dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam menangani pelaku dan korban perundungan (Bullying). Serta untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam dalam mencegah tindakan perundungan (bullying). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif lapangan (field research), tempat yang dipilih dalam penelitian ini yaitu SMA Negeri dan Swasta Kec.Cikupa dengan data yang diperoleh dari sumber primer yaitu guru pendidikan agama Islam dan sumber sekunder yaitu siswa yang dapat mewakilkan siswa lainnya di SMA Negeri dan Swasta Kec. Cikupa, teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian yang digunakan berupa wawancara secara mendalam (In Depth Interview), observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapat yaitu di SMA Negeri dan Swasta Kec.Cikupa memiliki kasus perundungan (bullying) dalam bentuk bullying fisik, verbal, dan relasional. Dengan faktor internal dari diri siswa dan faktor eksternal dari keluarga dan lingkungan masyarakat sebagai faktor penyebabnya. Adapun dampak buruk dari tindakan perundungan (bullying) di SMA Negeri dan Swasta Kec. Cikupa yaitu, menurunnya konsentrasi belajar siswa, mengganggu kesehatan mental, dapat menjadi hal yang lumrah untuk dilakukan di lingkungan sekolah, kegagalan yang dirasakan oleh guru pendidikan agama Islam, dan tercorengnya nama sekolah. Setiap guru pendidikan agama Islam di SMA Negeri dan Swasta memiliki cara tersendiri dalam mencegah, menghadapi, dan menangani tindakan perundungan (bullying) yang terjadi di sekolah. Diantaranya yaitu dengan menggunakan pendekatan secara emosional sehingga siswa merasa lebih nyaman untuk berbagi cerita atau masalahnya kepada guru, dan memberi pemahaman tentang perundungan (bullying) yang dapat membantu siswa untuk lebih memahami tentang bahayanya perundungan (bullying). Dan cara tersebut mampu membantu untuk meminimalisir terjadinya tindakan perundungan (bullying) di SMA Negeri dan Swasta Kec. Cikupa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Tindakan Perundungan (Bullying)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 18 Jul 2022 06:44
Perubahan Terakhir: 18 Jul 2022 06:44
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9087

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.