Herdiansyah, Yayang (2022) Implementasi Metode Tilawati dalam Meningkatkan Tahsin Al-Qur'an Anak Yayasan Dinar Mulya Ciruas Kab. Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_161210098_COVER.pdf Download (125kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_161210098_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (748kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_161210098_BAB I.pdf Download (186kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_161210098_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (350kB) |
||
Teks
S_PAI_161210098_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (412kB) |
||
Teks
S_PAI_161210098_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (467kB) |
||
|
Teks
S_PAI_161210098_BAB V.pdf Download (158kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_161210098_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (166kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui Implementasi Metode Tilawati dalam Mempelajari Tahsin Al-Qur‟an. 2). Untuk mengetahui peran Metode Tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an anak di Yayasan Dinar Mulya Ciruas Kab.Serang. 3). Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Al-Qur‟an di Yayasan Dinar Mulya Ciruas Kab.Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi,wawancara,dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah : Peneliti menggunakan Analisi Data SWOT langkah-langkah analisisnya meliputi Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (peluang), Threat (ancaman). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implemetasi Metode Tilawati ini dilakukan dengan cara klasikal dan baca simak secara seimbang. Metode Tilawati Sangat berperan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an anak. dan Faktor pendukung, penghambat dalam pembelajaran Al-Qur‟an Metode Tilawati di Yayasan Dinar Mulya terdapat dua yaitu faktor internal yang terdapat dari dalam diri anak dan faktor eksternal yaitu terdapat dari faktor keluarga, latar belakang pendidikan dan lingkungan sekitar. Adapun Faktor penghambat yaitu masih banyaknya anak yang kemampuan membaca Al-Qur‟annya belum baik, Waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan pembelajaran Al-Qur‟an yang terbatas, Kurangnya tenaga pendidik, Sarana dan prasarana yang belum memadai. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Implementasi Metode Tilawati dalam meningkatkan Tahsin Al-Qur‟an anak adalah baik dan mampu meningkatkan Tahsin Al-Qur‟an anak.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Al-Quran, Metode Tilawati, Pembelajaran |
Subjek: | 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran > 2x1.12 Ilmu-ilmu qiraat > 2x1.121 Tajwid |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 15 Jul 2022 01:59 |
Perubahan Terakhir: | 29 Jul 2022 04:42 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9083 |
Actions (login required)
Lihat Item |