Penerapan Maghrib Mengaji dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Salafiyah Nurul Huda Kecamatan Malingping Kabupaten Lebak-Banten

Mulyani, Sri (2022) Penerapan Maghrib Mengaji dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Salafiyah Nurul Huda Kecamatan Malingping Kabupaten Lebak-Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210046_COVER.pdf

Download (144kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210046_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (718kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210046_BAB I.pdf

Download (386kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210046_BAB II.pdf

Download (445kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210046_BAB III.pdf

Download (183kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210046_BAB IV.pdf

Download (299kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210046_BAB V.pdf

Download (153kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210046_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui penerapan kegiatan maghrib mengaji di pondok pesantren salafiyah Nurul Huda Kecamatan Malingping Kabupaten Lebak-Banten, mengetahui strategi guru mengaji dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dalam program maghrib mengaji di pondok pesantren salafiyah Nurul Huda Kecamatan Malingping Kabupaten Lebak-Banten, mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan kegiatan magrib mengaji di pondok pesantren salafiyah Nurul Huda Kecamatan Malingping Kabupaten Lebak-Banten. Metode penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian lapangan dengan menerapkan pendekatan kualitatif. Yang dimana kita ketahui pendekatan kualitatif ini merupakan suatu metode penelitian yang sering disebut dengan sebuah penelitian naturalistic karena penelitianya itu bersifat alami tanpa rekayasa (natural setting). Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah penerapan maghrib mengaji sudah berjalan, strategi guru mengaji dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di kategorikan baik, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan anak dalam mengaji Al-Qur’an. Faktor pendukung dalam kegiatan maghrib mengaji di pondok pesantren Salafiyah Nurul Huda diantaranya berasal dari guru, murid, orang tua, dan lingkungan yang kondusif. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya perhatian dari orang tua, minimnya perekonomian orang tau yang menyebabkan orang tua acuh terhadap pendidikan anak, dan pengaruh teknologi yang membuat anak menjadi malas untuk pergi ketempat pengajian.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Penerapan Maghrib Mengaji, Kemampuan
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 15 Jul 2022 03:03
Perubahan Terakhir: 15 Jul 2022 03:03
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9013

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.