Komodifikasi Islam dalam Ekonomi Pasar: Studi Tentang Muslim Perkotaan di Banten

Pribadi, Yanwar (2109) Komodifikasi Islam dalam Ekonomi Pasar: Studi Tentang Muslim Perkotaan di Banten. Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies, 15 (1). pp. 82-112.

[img] Teks
Yanwar Pribadi Jurnal Afkaruna.pdf

Download (153kB)
[img] Teks
Peer Review - Komodifikasi Islam dalam Ekonomi Pasar.pdf

Download (821kB)
[img] Teks (Similarity Index)
23. Yanwar Pribadi Jurnal Afkaruna.pdf.pdf

Download (4MB)

Abstrak

Tulisan ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menjelaskan hubungan timbal balik atau koeksistensi antara komodifikasi Islam dan ekonomi pasar pada masyarakat Muslim Banten. Penelitian antropologi politik ini menggunakan metode etnografi dengan fokus pada studi kasus lapangan (fieldwork case study) di Kota Serang dan Kota Cilegon, Provinsi Banten. Fokusnya adalah aktivitas-aktivitas masyarakat Muslim dan bentuk-bentuk keagamaan yang menjadi komoditas pasar di organisasi atau perkumpulan Muslim baik yang eksklusif maupun non-eksklusif dan juga pengajian di perkotaan. Argumen tulisan ini adalah bahwa upaya kelompok Muslim kelas menengah perkotaan untuk mempertahankan dan melestarikan identitas Islam yang “sesungguhnya” dengan kembali ke Alquran dan Sunnah telah terakumulasi dalam kekuatan yang menghadirkan tantangan bagi negara dan masyarakat secara luas. Di Banten, khususnya Kota Serang dan Kota Cilegon, sebagai daerah yang dipengaruhi oleh Kesultanan Banten di masa lalu, keduanya secara umum dikenal sebagai wilayah agama tradisional. Namun, kemunculan kelompok Muslim kelas menengah perkotaan baru yang kebanyakan bermigrasi dari kota-kota yang lebih besar dan lebih maju, juga munculnya generasi-generasi baru kaum Muslim di Kota Serang dan Kota Cilegon dan kota-kota lain di sekitarnya yang tinggal di perkotaan, telah secara signifikan mengubah lanskap ekspresi budaya dan agama dan tradisi Islam di kedua kota tersebut. Secara garis besar, perubahan di kedua kota tersebut salah satunya terlihat jelas pada komodifikasi agama—dalam hal ini Islam—dalam aspek ekonomi pasar di mana Islam, dalam beragam tingkat dan aspek, berinteraksi, bersaing, dan bernegosiasi dengan penetrasi ekonomi pasar yang tak terhindarkan di mana pada akhirnya Islam dibuat menjadi komoditas dan bagaimana pemeluknya membuatnya menjadi masuk akal.

Tipe Item/Data: Artikel
Kata Kunci (keywords): Komodifikasi Islam, Ekonomi Pasar, Muslim Perkotaan, Kota Serang, Kota Cilegon, Banten
Subjek: 2x6 Sosial dan budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 05 Jun 2022 04:20
Perubahan Terakhir: 08 Jul 2022 04:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8692

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.