Madani, Lila Fitriani (2022) ANALISIS FAKTOR SOSIAL, BUDAYA, DAN PSIKOLOGIS TERHADAP MINAT MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN DOMPET VIRTUAL DI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN SMH BANTEN TAHUN 2020. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
Cover.pdf Download (115kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Lampiran Depan.pdf Download (772kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Bab I.pdf Download (382kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Bab II.pdf Download (407kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Bab III.pdf Download (461kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Bab IV.pdf Download (251kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Bab V.pdf Download (95kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisa pengaruh faktor sosial, faktor budaya, dan faktor psikologis dalam minat mahasiswa mengguanakan dompet virtual di FEBI UIN BANTEN Tahun 2020. Dimana hidup di zaman modern dengan segala kecanggihan telah mengantarkan banyaknya negara termasuk Indonesia dan hususnya mahasiswa FEBI (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam) menjadi cashless society atau masyarakat tanpa tunai. Hal ini sudah menjadi sesuatu yang umum di negara-negara maju, dimana masyarakat lebih suka melakukan transaksi menggunakan kartu aplikasi di smartphone. Agar tidak tertinggal oleh zaman yang semakin maju, mau tidak mau masyarakat Indonesia juga harus mau mulai menyesuaikan diri. Begitu pula mahasiswa FEBI kini sudah mulai menggunakan dompet virtual untuk melakukan beberapa transaksi seperti pembayaran ojek online, belanja mini market, belanja online, dan juga pulsa. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1.) Apakah faktor sosial berpengaruh terhadap minat mahasiswa dalam menggunakan dompet virtual di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SMH Banten Tahun 2020. 2.) Apakah faktor budaya berpengaruh terhadap minat mahasiswa dalam menggunakan dompet virtual di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SMH Banten Tahun 2020. 3.) Apakah faktor psikologis berpengaruh terhadap minat mahasiswa dalam menggunakan dompet virtual di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SMH Banten Tahun 2020. 4.) Apakah faktor sosial, budaya, dan psikologis secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat menggunakan dompet virtual di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SMH Banten Tahun 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan data cross section dan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Teknik pengmbilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan data pada tahun 2020. Teknis analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan melakukan uji normalitas, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), uji analisis regresi dan uji hipotesis t-statistik serta f-statistik untuk menguji keberartian pengaruh secara bersama-sama dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variabel sosial, budaya, dan psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan mahasiswa. Sementara secara simultan sosial, budaya, dan psikologis secara bersama-sama memiliki hubungan yang signifikan terhadap variabel terikatnya yaitu keputusan menggunakan. Koefisien determinasi dari penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel�variabel independen meliputi faktor sosial, faktor budaya dan faktor psikolohgi mempengaruhi minat mahasiswa menggunakan dompet virtual sebesar 46,0% sedangkan sisanya sebesar 54% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Pembimbing I: Dr. Dedi Sunardi, M.H Pembimbing II: Di'amah Fitriyyah, M.Pd. |
Kata Kunci (keywords): | sosial, budaya, psikologis, keputusan penggunaan |
Subjek: | 2x6 Sosial Budaya Islam > 2x6.3 Ekonomi Islam |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 08 Apr 2022 03:06 |
Perubahan Terakhir: | 08 Apr 2022 03:06 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8445 |
Actions (login required)
Lihat Item |