PERAN DAN TANGGUNG JAWAB ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK PERSPEKTIF HADIS (Kajian Hadis Tematik)

Rofiah, Siti (2022) PERAN DAN TANGGUNG JAWAB ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK PERSPEKTIF HADIS (Kajian Hadis Tematik). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
Cover.pdf

Download (103kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Lampiran Depan.pdf

Download (556kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf

Download (400kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf

Download (582kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf

Download (729kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf

Download (550kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf

Download (87kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Daftar Pustaka.pdf

Download (255kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Keluarga mempunyai peranan yang sangat besar dalam mempengaruhi kehidupan dan perilaku anak. Kedudukan dan fungsi keluarga itu bersifat fundamental, karena keluarga merupakan wadah pembentukan watak dan akhlak yang pertama bagi anak. Maka dari itu orangtua harus menanamkan kepada anak, agar mereka dapat mencintai ilmu, disiplin, dan orangtua memberikan motivasi yang positif dan menjadi teladan yang baik bagi mereka. Dari latar belakang tersebut terdapat rumusan masalah yaitu: 1). Bagaimana peran orang tua dalam pendidikan anak? 2). Bagaimana tanggung jawab orang tua dalam memberikan pendidikan kepada anak dalam perspektif hadis ? Tujuan Penulis dalam melakukan penelitian ini adalah terjawabnya rumusan masalah di atas dan untuk mengetahui bagaimana peran dan tanggung jawab orang tua dalam memberikan pendidikan kepada anaknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif atau penelitian yang difokuskan pada penelitian kepustakaan (Library Research) yang menganalisis berbagai literatur yang ada relevansinya. Selain dari buku, artikel dan jurnal penulis pula mengumpulkan data hadis dari aplikasi pencari hadis dan meneliti hadis langsung dari kitab aslinya Kesimpulan pada skripsi ini keluarga merupakan lembaga internalisasi nilai-nilai sosial. Dalam keluarga anak belajar berbagi peran, berbagi kepentingan, berbagi hak dan kewajiban. Membentuk kesepakatan sosial, dan belajar menyusun struktur sosial sebagaimana kehidupan dimasyarakat. Perkembangan kesadaran sosial pada anak dapat dipupuk sedini mungkin, terutama lewat kehidupan keluarga yang penuh dengan rasa tolong-menolong, gotong-royong, toleransi, saling asah-asih-asuh, dan saling melengkapi. Dalam keluarga anak-anak dibiasakan untuk mengambil peran dan tanggung jawab sosial dalam keluarga, yang pada akhirnya akan mengambil peran di masyarakat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I: Dr. Sholahuddin Al Ayubi, M.A Pembimbing II: Muhammad. Alif, S. Ag.,M.Si
Kata Kunci (keywords): peran dan tanggung jawab, pendidikan, anak
Subjek: 2x2 Hadist dan ilmu yang terkait
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Hadits
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 06 Apr 2022 01:56
Perubahan Terakhir: 14 Apr 2022 04:30
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8406

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.