Pengembangan Alat Peraga Cobertif (Corong Berhitung Aktif) untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika dalam Penjumlahan dan Pengurangan (R&D di Kelas I MI Nurul Huda Pakuhaji Tangerang)

Rukoyah, Siti (2022) Pengembangan Alat Peraga Cobertif (Corong Berhitung Aktif) untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika dalam Penjumlahan dan Pengurangan (R&D di Kelas I MI Nurul Huda Pakuhaji Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
cover...pdf

Download (105kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAGIAN DEPAN,,.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf

Download (309kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf

Download (318kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf

Download (459kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf

Download (764kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf

Download (146kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan alat peraga cobertif dan untuk mengetahui kelayakan alat peraga cobertif di MI Nurul Huda Pakuhaji Tangerang. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Research and Development (R&D) model 4D (Four-D) menurut teori Thiaragarajan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Jenis dan model metode ini dipilih karena model pengembangan ini lebih efektif untuk mengembangkan perangkat pembelajaran. Pengujian validitas meliputi tiga aspek yaitu aspek fisik/tampilan, aspek pemanfaatan dan aspek materi yang melibatkan beberapa validator dengan latar belakang profesi yang berbeda. Dari data yang diperoleh 1) alat peraga corong berhitung ini mendapatkan skor validasi ahli media sebesar 86% sehingga medapatkan kategori “Sangat Layak”, 2) mendapatkan skor validasi ahli materi sebesar 90% sehingga mendapatkan kategori “Sangat Layak”, 3) mendapatkan skor validasi dari kepala sekolah sebesar 89,4% dan 4) mendapatkan skor validasi dari guru kelas sebesar 90,5%. Hasil nilai respon siswa mencapai skor 85% dengan kategori “Sangat Baik”. Selanjutnya dilakukan uji coba produk kepada 12 siswa menghasil nilai sebesar 87,5 dengan kategori “Sangat Baik”. Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa alat peraga cobertif (corong berhitung aktif) yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I: R. H. Eko Wahyu Wibowo, S.Si., M.Si. Pembimbing II: H. Mansur, M.Pd.
Kata Kunci (keywords): alat peraga, corong berhitung, matematika.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 05 Apr 2022 03:57
Perubahan Terakhir: 25 Apr 2022 03:07
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8390

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.