Rukoyah, Siti (2022) Pengembangan Alat Peraga Cobertif (Corong Berhitung Aktif) untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika dalam Penjumlahan dan Pengurangan (R&D di Kelas I MI Nurul Huda Pakuhaji Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
cover...pdf Download (105kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAGIAN DEPAN,,.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Download (309kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB II.pdf Download (318kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB III.pdf Download (459kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB IV.pdf Download (764kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB V.pdf Download (146kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan alat peraga cobertif dan untuk mengetahui kelayakan alat peraga cobertif di MI Nurul Huda Pakuhaji Tangerang. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Research and Development (R&D) model 4D (Four-D) menurut teori Thiaragarajan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Jenis dan model metode ini dipilih karena model pengembangan ini lebih efektif untuk mengembangkan perangkat pembelajaran. Pengujian validitas meliputi tiga aspek yaitu aspek fisik/tampilan, aspek pemanfaatan dan aspek materi yang melibatkan beberapa validator dengan latar belakang profesi yang berbeda. Dari data yang diperoleh 1) alat peraga corong berhitung ini mendapatkan skor validasi ahli media sebesar 86% sehingga medapatkan kategori “Sangat Layak”, 2) mendapatkan skor validasi ahli materi sebesar 90% sehingga mendapatkan kategori “Sangat Layak”, 3) mendapatkan skor validasi dari kepala sekolah sebesar 89,4% dan 4) mendapatkan skor validasi dari guru kelas sebesar 90,5%. Hasil nilai respon siswa mencapai skor 85% dengan kategori “Sangat Baik”. Selanjutnya dilakukan uji coba produk kepada 12 siswa menghasil nilai sebesar 87,5 dengan kategori “Sangat Baik”. Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa alat peraga cobertif (corong berhitung aktif) yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Pembimbing I: R. H. Eko Wahyu Wibowo, S.Si., M.Si. Pembimbing II: H. Mansur, M.Pd. |
Kata Kunci (keywords): | alat peraga, corong berhitung, matematika. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 05 Apr 2022 03:57 |
Perubahan Terakhir: | 25 Apr 2022 03:07 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8390 |
Actions (login required)
Lihat Item |