Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Al-Barzanji (Studi Di Lingkungan Mushollah Nurul Ikhlas Kecamatan Puloampel Kabupaten Serang)

Safriyah, Yayah (2022) Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Al-Barzanji (Studi Di Lingkungan Mushollah Nurul Ikhlas Kecamatan Puloampel Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
cover.pdf

Download (98kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (371kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf

Download (273kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf

Download (805kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf

Download (319kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf

Download (490kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf

Download (204kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendekripsikan Implementasi Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Al-Barzanji (Studi Di Lingkungan Mushollah Nurul Ikhlas Kecamatan Puloampel Kabupaten Serang). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian Participatory Action Research (PAR). Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Implementasi Penanaman Nilai-nilai Akhlak Dalam Kitab Al-Barzanji, yakni nilai akhlak kepada Allah SWT adalah mendirikan sholat sebagai bentuk ketaatan dan tawaduk kepada Allah swt. dan tadarus al-Qur’an; akhlak kepada diri sendiri yaitu bersikap sopan dalam ucapan, penyesuaian diri terhadap lingkungan lewat cara berpakaian dan bergaul sesuai dengan syari’at Islam; dan akhlak kepada sesama manusia yaitu menambah kecintaan dan spirit terhadap pengamalan sunnah Rasulullah saw., sikap patuh terhadap perintah orang tua, menghormati guru,saling bergotong royong membersihkan mushollah dan merapihkan kembali al-Qur'an dan kitab-kitab yang telah digunakan, mendahulukan bermusyawarah dalam membuat keputusan. Faktor penghambat dalam kegiatan ini adalah minimnya kesadaran peserta tentang disiplin waktu, taat peraturan,pentingnya ilmu, dan tidak sedikit dari remaja yang berkarir dan sedang menempuh pendidikan di lingkungan pondok pesantren. Faktor pendukungnya adalah upaya sikap istiqomah atau kontinuitas dalam belajar, dukungan dalam bentuk jasa, material dan finansial, kekompakan dan kerjasama yang baik antar remaja, dan apresiasi sebagai motivasi bagi setiap peserta yang berprestasi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I: Drs. H. Malik Musthofa, M.M.Pd PEmbimbing II: Dr. Jusaini K, M. Pd.
Kata Kunci (keywords): Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak, Kitab Al-Barzanji
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 04 Apr 2022 06:13
Perubahan Terakhir: 25 Apr 2022 03:14
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8364

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.