Penerapan Metode Al Bayan Dalam Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa MA Nurul Muhtadin Kec. Waringinkurung Kab. Serang

Amanda, Yuyun (2022) Penerapan Metode Al Bayan Dalam Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa MA Nurul Muhtadin Kec. Waringinkurung Kab. Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (145kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAGIAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (906kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (284kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (480kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (199kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 4.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (380kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (154kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (221kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Yuyun Amanda. NIM. 171210058. Judul Skripsi: Penerapan Metode Al Bayan Dalam Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa MA Nurul Muhtadin Kec. Waringinkurung Kab. Serang. Membaca dan menulis Al-Qur’an merupakan hal yang harus diterapkan pada anak sejak usia dini, karena Al-Qur’an merupakan sumber utama dalam hukum Islam. Banyak anak yang sudah mampu membaca Al-Qur’an, namun dari segi makhraj dan penerapan hukum tajwidnya masih kurang dan perlu ditekankan kembali, hal tersebut akan berakibat fatal jika salah dalam membaca satu huruf Al-Qur’an maka akan berbeda pula maknanya. Dari uraian tersebut sangat jelas bahwa dunia pendidikan saat ini sangat penting adanya terlebih dalam pendidikan baca tulis Al-Qur’an pada anak. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Al Bayan dalam kemampuan membaca Al-Qur’an siswa, untuk memperoleh deskripsi mengenai penerapan metode Al Bayan dalam memahami kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa dan untuk mengetahui hubungan metode Al Bayan dengan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an siwa. Manfaat dari penelitian ini yaitu dapat mengetahui sejauh mana pemahaman siswa dalam membaca Al-Qur’an dan bagi siswa sendiri dapat meningkatkan kemampuan dalam membaca Al-Qur’an. Pada proses penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah Guru mata pelajaran Al-Qur’an. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pada penerapan metode Al Bayan dalam kemampuan baca tulis Al-Qur’an sangat berpengaruh bagi siswa karena dengan adanya metode Al Bayan tersebut dapat memudahkan siswa dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Disamping itu, siswa mampu membaca Al-Qur’an merupakan tujuan utama bagi setiap lembaga karena setelah lulus siswa dikerahkan kepada masyarakat untuk mengabdikan dirinya kepada masyarakat, oleh karenanya membaca Al-Qur’an sangat berperan penting bagi siswa/i untuk diri sendiri, lembaga dan masyarakat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Baca Tulis Al-Qur’an dan Metode Al Bayan
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 16 Mar 2022 07:53
Perubahan Terakhir: 16 Mar 2022 07:53
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8246

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.