Yusuf, Wahyuni (2022) Pengaruh Penjualan Online Terhadap Pendapatan Warung Makan Siap Saji Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Warung Makan Nasi Uduk Sedap Malam 1 Babeh Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Wahyuni Yusuf, Nim : 171410065, Judul : “PENGARUH PENJUALAN ONLINE TERHADAP PENDAPATAN WARUNG MAKAN SIAP SAJI DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Warung Makan Nasi Uduk Sedap Malam 1 Babeh Serang)”. Pandemi covid-19 yang terjadi di seluruh dunia terdampak nyata pada semua sektor khususnya pada sektor ekonomi. Di masa yang era modern saat ini, kecanggihan teknologi semakin marak berkembang, penjualan online menjadi solusi utama bagi para pelaku ekonomi. Pada studi kasus penelitian ini, penjualan online yg sebelum pandemi covid sangat baik, tetapi ketika pandemi covid-19 penjualan online sedikit menurun. Berdasarkan latar belakang diatas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pengaruh penjualan online terhadap pendapatan di warung makan siap saji nasi uduk sedap malam 1 babeh di masa pandemi covid-19? Tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui bagaimana pengaruh penjualan online terhadap pendapatan warung makan siap saji di masa pandemi covid- 19 “studi pada warung makan nasi uduk sedap malam 1 babeh”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang bersifat deskriptif dengan studi kasus, perhitungan statistik menggunakan SPSS 16.0 dengan uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji regresi linier sederhana, uji koefisien korelasi dan uji koefisien determinasi. Adapun data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari rincian transaksi penjualan online berdasarkan aplikasi Gobiz pemilik warung makan nasi uduk. Dari hasil penelitian berdasarkan uji regresi linier sederhana yaitu Y= 2.319E-16 + 0.966 X. Berdasarkan uji t diketahui bahwa nilai sig. = 0.000 < 0.05 maka ditolak dan diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terjadi pengaruh secara signifikansi antara penjualan online terhadap pendapatan warung makan siap saji. Sedangkan uji R nilai koefisien determinasi adalah 0.933. Hal ini dapat disimpulkan bahwa 93,3% perubahan nilai variabel pendapatan (Y) dipengaruhi oleh variabel penjualan online (X). selebihnya 6,7% perubahan nilai variabel dependen Y (pendapatan) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | penjualan online, Gofood, pendapatan, pandemi covid- 19 |
Subjek: | 2x6 Sosial Budaya Islam > 2x6.3 Ekonomi Islam |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 31 Jan 2022 01:26 |
Perubahan Terakhir: | 31 Jan 2022 01:26 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8089 |
Actions (login required)
Lihat Item |