Peningkatan Hasil Pembelajaran IPA Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Melalui Pendekatan SETS (PTK di kelas V SDN Kamasan I Kabupaten Serang)

Darojat, Maulida (2022) Peningkatan Hasil Pembelajaran IPA Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Melalui Pendekatan SETS (PTK di kelas V SDN Kamasan I Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (98kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (334kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (183kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (568kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (397kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (905kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (92kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (212kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Maulida darojat, 161240059. 2020. Judul Skripsi : Peningkatan Hasil Pembelajaran IPA Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Melalui Pendekatan SETS (PTK di kelas V SDN Kamasan I Kabupaten Serang). Tujuan umum dari penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society). Sedangkan tujuan khusus penelitian ini adalah meningkatkan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPA melalui pendekatan SETS di kelas V SDN Kamasan I. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model PTK Kemmis dan Mc. Taggart langkah penelitian menggunakan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan didapatkan bahwa, percobaan siklus air tanah pada pembelajaran IPA pada materi perubahan lingkungan dengan menggunakan pendekatan SETS dapat dilihat melalui aktivitas siswa dan aktivitas guru. 1) Penilaian observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 71% dengan kategori cukup, yaitu Aktivitas belajar siswa memperoleh nilai presentase yaitu 83% dengan kategori baik. Sedangkan aktivitas guru pada siklus I yaitu75% dengan kategori cukup, pada siklus II yaitu 85% kategori baik. 2) Penggunaan metode SETS pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Pada siklus I dengan ketuntasan ketuntasan 64,51% dengan nilai rata-rata 66,29 mengalami peningkatan pada siklus II dengan presentase 80,64% dengan nilai rata-rata 75,48. Hal tersebu menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan metode SETS pada tema Lingkungan Sahabat Kita pada materi Perubahan Lingkungan mendapatkan hasil belajar yang baik pada siswa kelas V SDN Kamasan I.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): SETS, PTK, Hasil belajar IPA, Pembelajaran IPA.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 18 Jan 2022 07:12
Perubahan Terakhir: 18 Jan 2022 07:12
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7997

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.