Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Pada Permainan Tradisional Engklek Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Materi Alat Gerak Pada Manusia

Wahyuni, Lisda (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Pada Permainan Tradisional Engklek Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Materi Alat Gerak Pada Manusia. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER,..pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (101kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAGIAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (264kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (187kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (245kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (508kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 4.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (679kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (158kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (163kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Lisda Wahyuni, NIM: 171240020, Judul Skripsi: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Pada Permainan Tradisional Engklek Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Materi Alat Gerak Pada Manusia. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui prosedur pengembangkan permainan engklek dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA, 2) Mengetahui tingkat kelayakan media permainan tradisional engklek dalam meningkatkan pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D)dengan menggunakan model Brog and Gall, metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 5 tahapan yaitu: 1) Penelitian pengumpulan data, 2) Desain produk, 3) Validasi desain, 4) Revisi desain, 5) Uji coba produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Ampel Kota Serang yang berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar penilaian berupa angket yang diberikan kepada 3 (tiga) validator untuk mengukur pengembangan produk, dan Test (pilihan ganda) yang diberikan kepada 20 siswa untuk mengukur kualitas kelayakan media pembelajaran dengan menggunakan permaianan tradisional engklek dalam pembelajaran IPA. Proses pengembangan media merupakan factor utama dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA. Hasil pengembangan media pembelajaran berbasis permainan tradisional engklek ini telah diuji oleh ahli media, ahli materi dan guru kelas V, berdasarkan uji kevalidan yang dilakukan oleh validator dapat dinyatakan layak digunakan dengan rata-rata nilai 3,5-5,00 (baik-sangatbaik). Pada hasil uji coba penelitian ini siswa dapat mempraktikan media pembelajaran dengan menggunakan permainan engklek dengan baik dan layak. Hal ini ditunjukan dengan hasil analisis pengukuran pemahaman konsep dengan menggunakan pre-test dan post-test. Hasil post-test menunjukan hasil rata-rata dengan nilai 79.00 (sangat baik) dan presentase mencapai 80%. Analisis yang digunakan menggunakan Uji N-Gain dengan rata-rata nilai akhir mencapai 0,45. Dengan adanya peningkatan pemahaman konsep yang telah diteliti, hal ini menunjukan media pembelajaran berbasis permainan tradisional engklek untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA layak digunakan

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Pembelajaran, PermainanEngklek, Pemahaman Konsep IPA.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 18 Jan 2022 06:54
Perubahan Terakhir: 18 Jan 2022 06:54
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7992

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.