Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Terhadap Hasil Belajar PAI di Masa Pandemi Covid 19 (Studi di SMP Manbael Huda Kec. Mandalawangi, Kab. Pandeglang).

Andriansyah, Deni Nur (2021) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Terhadap Hasil Belajar PAI di Masa Pandemi Covid 19 (Studi di SMP Manbael Huda Kec. Mandalawangi, Kab. Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
cover,,.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (92kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
bagian depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (476kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I,.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (231kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II,.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (474kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III,.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (277kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV,.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (440kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V,.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (14kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA,.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (119kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Deni Nur Andriansyah. NIM 171210007. 2021. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Terhadap Hasil Belajar PAI di Masa Pandemi Covid 19 (Studi di SMP Manbael Huda Kec. Mandalawangi, Kab. Pandeglang). Penelitian ini dilatar belakangi metode pembelajaran konvensional yang dipakai dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah menengah pertama (SMP) Manbael Huda mengakibatkan kemampuan kerja sama antar siswa kurang berkembang. Metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang konvensional cenderung mereduksi kesempatan siswa untuk bekerja sama selama proses pembelajaran berlangsung. Padahal idealnya, proses pembelajaran dapat berjalan lebih baik apabila proses pembelajaran turut memadukan pengembangan keterampilan sosial antarsiswa seperti kemampuan kerja sama yang diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti menggunakan Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam pembelajaran PAI dengan rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana pengaruh penggunaan model Student Teams- Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan kemampuan kerja sama siswa kelas VIII dalam pembelajaran PAI pada masa pandemi COVID-19? (2) Bagaimana pengaruh penggunaan model Student Teams-Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas VIII SMP Manbael Huda pada masa pandemi COVID-19?, Adapun tujuan penelitian ini yaitu: (1) Ingin mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan kemampuan kerja sama siswa kelas VII SMP Manbael Huda dalam pembelajaran PAI pada masa pandemi COVID-19. (2) Ingin mengetahui pengaruh penggunaan model Student Teams-Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas VIII SMP Manbael Huda pada masa pandemi COVID-19. Adapun metodologi dalam penelitian ini dengan menggunakan eksperimen semi pendekatan kuantitatif yaitu Pretest-posttest equivalent group design (pembagian tes terhadap kelompok eksperimen dan kontrol baik sebelum mauun sesudah penelitian.Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Manbael Huda tahun ajaran 2019/2020. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, catatan lapangan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. rata-rata hasil belajar kelas ekeperimen sebesar 87,818 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 77,25 sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih 10,568 lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan skor hasil belajar siswa secara signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kooperatif, Student Teams Achievement Divisions (STAD), Hasil Belajar
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 24 Des 2021 03:09
Perubahan Terakhir: 24 Des 2021 03:09
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7804

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.