Heryatun, Yayu and Septiana, Tri Ilma (2021) PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PROGRAM LITERASI DIGITAL BAGI USTADZ/USTADZAH Di Pondok Pesantren Modern Di Provinsi Banten. AHI PRESS, Serang-Banten. ISBN 978-979-9152-37-76
|
Teks
Pendapingan Penyusunan Program Literasi Digital Bagi UstadUstadzah.pdf Download (3MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Literasi merupakan salah satu kecakapan yang harus dikuasai oleh manusia modern supaya terus dapat berkompetisi di Abad 21. Namun budaya literasi belum sepenuhnya terbangun di setiap institusi pendidikan. Dari ketiga pondok pesantren modern binaan, belum ada satupun yang telah menyelenggarakan Gerakan Literasi Sekolah dan memanfaatkan media literasi digital dalam proses pembelajaran di pondok pesantren. Berpijak dari permasalahan tersebut, maka tim pengabdi memberikan kegiatan pendampingan penyusunan program literasi digital sebanyak delapan kali pertemuan kepada 21 orang ustadz/ustadzah dan pustakawan. Kegiatan pendampingan ini memberikan dampak yang positif terhadap pondok pesantren. Hal ini tercermin dari: (1) pengintegrasian media literasi digital ke dalam proses pembelajaran secara berkesinambungan; (2) pembangunan budaya literasi di pesantren yaitu kebiasan membaca dan tradisi menulis di kalangan santri; (3) penciptaan lingkungan pesantren yang literat.
Tipe Item/Data: | Buku |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | literasi digital, pondok pesantren, ustadz/ustadzah, santri. |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 20 Des 2021 04:59 |
Perubahan Terakhir: | 20 Des 2021 05:00 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7785 |
Actions (login required)
Lihat Item |